Pendidikan & Kesehatan

Dokter di Malang Meninggal Karena Covid-19

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Seorang dokter berinisial CC meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19 pada Jumat, (21/8/2020). Selain dokter di klinik pengobatan yang dia punya, CC merupakan dosen purna di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Malang Raya, Djoko Heri Hermanto mengungkapkan hingga saat ini total sebanyak 16 dokter tertular Covid-19. 3 diantaranya meninggal dunia, terakhir adalah CC. Djoko menyebut, kemungkinan besar CC tertular saat berinteraksi dengan pasien karena memiliki klinik pengobatan.

“Kemungkinan dari praktek pribadi. Beliau pasiennya banyak. Selama ini beliau hanya praktek pribadi sore hingga malam hari saja. Sejak Maret 2020, dokter di Malang Raya yang terpapar COVID-19 ada 16 orang. Tiga orang meninggal dunia,” ujar Djoko, Sabtu, (22/8/2020).

Djoko mengatakan, selama masyarakat tidak patuh dengan protokol kesehatan maka penyebaran Covid-19 tak kunjung berakhir. Menurutnya, bertambahnya pasien Covid-19 tentu mempengaruhi kapasitas daya tampung pasien di rumah sakit. Semakin banyak pasien maka tugas tenaga medis semakin berat. Kondisi ini membuat tenaga medis maupun dokter sangat rentan tertular Covid-19.

“Kami mengimbau agar masyarakat di Malang Raya untuk tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sangat percuma rasanya kami para dokter dan petugas kesehatan lain menggunakan APD lengkap kalau kasus Covid-19 terus bertambah. Kalau masyarakat tidak patuh protokol kesehatan, lama-lama rumah sakit akan penuh, petugas medis kelelahan dan pada akhirnya tenaga kesehatan juga bisa terkena Covid-19,” papar Djoko.

Sementara itu, Humas RSSA Kota Malang, Donny Iryan mengatakan bahwa status CC merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Islam (RSI) Aisyiyah, Kota Malang. Dia juga membenarkan bahwa CC merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Iya (terkonfirmasi positif). Kemungkinan tertular dari klinik beliau. Beliaunrujukan dari RSI. Keadaan sudah menurun drastis saat dirujuk,” tandas Donny. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar