Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ditemukan Kasus Pertama Cacar Monyet, IDI Imbau Masyarakat Tak Panik

Ilustrasi penyakit cacar monyet dan penularannya. (Pixabay)

Jakarta (beritajatim.com) – Menanggapi situasi terkini dengan ditemukannya kasus pertama terkonfirmasi Cacar Monyet atau Clades di Indonesia, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melalui Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik, sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI.

Ketua Umum PB IDI, dr M. Adib Khumaidi, SpOT mengatakan bahwa PB IDI terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan setempat, serta IDI Wilayah dan IDI Cabang mengenai kewaspadaan penyakit ini.

“Kami meminta tim medis dan tenaga kesehatan untuk tetap waspada dan segera melaporkan pada Dinas Kesehatan setempat apabila ditemukan pasien dengan gejala mirip Cacar Monyet, supaya bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti,” kata dr Adib.


Ketua Satgas Monkeypox atau Clades PB IDI, dr Hanny Nilasari, SpKK mengingatkan bahwa meski sudah ada kelonggaran kegiatan di berbagai tempat, namun masyarakat tetap perlu mempertahankan protokol kesehatan secara ketat, serta lebih aktif menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Bagi yang merasa bergejala dapat segera berobat menemui dokter terdekat,” tutup dr Hanny. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar