Pendidikan & Kesehatan

Distribusi Vaksin ke Wilayah Kepulauan Terkendala Cuaca

Sumenep (beritajatim.com) – Pendistribusian vaksin Covid-19 di wilayah kepulauan Sumenep terkendala cuaca. Saat ini ombak tinggi dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah kepulauan.

“Kami dapat informasi, ombak saat ini di atas 3 meter. Masih ditambah dengan angin kencang. Kondisi itu tentu saja tidak bisa dipaksakan untuk berlayar. Karena keselamatan tetap yang utama,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Kamis (28/1/2021).

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 kecamatan diantaranya merupakan kecamatan kepulauan. “Kalau wilayah kepulauan, pendistribusian vaksin harus menyesuaikan dengan jadwal kapal. Kalau cuaca buruk, tentu saja pelaksanaan vaksinasi di kepulauan tertunda, karena tidak ada kapal yang berangkat,” terang Busyro.

Untuk tahap pertama, Sumenep mendapatkan jatah vaksin 2.480. Sasaran vaksin tahap pertama adalah Forkopimda dan tenaga kesehatan, baik di Puskesmas maupun rumah sakit. Pelaksanaan vaksinasi diawali di Pendopo Agung Sumenep.

Dandim 0827 Sumenep, Letkol Infanteri Nur Cholis menjadi orang pertama yang divaksin. Setelah itu, disusul jajaran Forkopimda yang lain, kemudian tokoh ormas seperti NU dan Muhammadyah. Setelah pencanangan vaksinasi di pendopo, diikuti dengan pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit di Sumenep.

“Kami mentargetkan, vaksinasi untuk tenaga kesehatan ini selesai dilakukan dalam dua hari. Kalau bisa dilakukan satu hari, ya silahkan diselesaikan hari ini. Kalau tidak selesai hari ini karena banyaknya jumlah tenaga kesehatan, ya setidaknya besok sudah bisa selesai,” ucap Busyro. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar