Pendidikan & Kesehatan

Disdik Kabupaten Kediri Persiapan PPDB SMP di Tengah Pandemi Covid-19

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko.

Kediri (beritajatim.com) – Memasuki masa Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020-2020, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri telah melakukan sosialisasi sistem pendaftaran secara online. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, terdapat sedikit perubahan dalam sistem pengumpulan berkas persyaratan pendaftaran.

“Jika sebelumnya pengumpulan berkas tersebut dilakukan oleh siswa langsung, kini dilakukan kolektif oleh pihak sekolah asal. Selanjutnya petugas dari pihak sekolah asal mengirim ke sekolah SMP tujuan,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Sujud Winarko.

PPDB tahun ajaran 2020-2021 akan dilakukan pada Juni mendatang. Untuk itu, PPDB dimasa pandemic tersebut dilakukan menggunakan system online. Disdik menyediakan pendaftaran pada di laman ppdb.kedirikab.go.id.

Sujud menambahkan, dalam PPDB tahun ini terdapat sedikit perubahan dalam pengumpulan berkas persyaratan. Dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan calon peserta didik baru di masa pandemi.

Untuk jadwal pendaftarannya, 16 hingga 18 Juni untuk pendaftar melalui jalur prestasi dan 22 hingga 25 Juni untuk pendaftar dari jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua.

Untuk diketahui, pada PPDB tahun 2020 ini tetap menggunakan zonasi, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 tahun 2019 tentang PPDB 2020. Terdapat empat jalur, dengan satu jalur tambahan yakni jalur afirmasi dengan kuota 15 persen.

Sementara itu, untuk memberikan pengetahuan sehingga tercipta kelancaran dalam penerimaan peserta didik baru SMP tahun 2020, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri telah melaksanakan sosialisasi bagi seluruh sekolah di 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar