Pendidikan & Kesehatan

Disdik Kabupaten Kediri Gelar Olimpiade Guru Nasional

Kediri (beritajatim.com) – Peningkatan kompetensi dan kemampuan profesional guru menjadi salah satu ranah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan. Kebijakan ini dibuat sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia pendidikan Indonesia agar mampu bersaing dalam era Revolusi Industri 4.0.

Untuk itu berbagai kegiatan yang bertujuan mendorong tumbuhnya motivasi guru penting untuk terus diselenggarakan, Atas hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) tahun 2021, yang merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan khususnya kompetensi profesional dan pedagogik guru melalui ajang lomba yang kompetitif.

Dengan adanya kegiatan OGN ini diharapkan dapat memotivasi guru untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme dan kinerja guru, selain itu peningkatan kompetensi tersebut diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan.

Kasi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Dr. Nur Miftahul Fuad S.Pd., M.Pd mengatakan, melalui giat ini dapat membangun pendidikan yang baik yang mempunyai kultur tergantung pada pendidik atau guru sebagai individu yang memiliki kompetensi di bidangnya.

“Tujuan OGN adalah Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat, memotivasi guru dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan, profesionalisme dan kinerjanya, serta membangun komitmen guru dalam meningkatkan mutu pendidikan,” ucapnya.

Dalam olimpiade ini masing-masing peserta dituntut untuk menguasai materi kompetensi pedagogik yang meliputi kemampuan atau keterampilan guru untuk bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik, serta dan materi profesional tentang kemampuan mengelola pembelajaran didukung oleh pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar dan penggunaan media belajar.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan ada yang menarik dalam olimpiade ini, pasalnya selain diikuti 240 guru mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris,dan Bahasa Indonesia, cukup banyak guru – guru muda yang baru diangkat sebagai pegawai Negeri menjadi peserta, bahkan memenangkan olimpiade tersebut.

“Dengan adanya peserta guru muda yang baru diangkat sebagai PNS ini, kedepan diharapkan dapat memotivasi guru lain dalam mengasah kemampuan untuk meningkatkan kapasitas diri demi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Kediri”, imbuhnya.

“Harapannya adalah melalui giat ini dapat membangun pendidikan yang baik yang mempunyai kultur tergantung pada pendidik atau guru sebagai individu yang memiliki kompetensi di bidangnya, dan dengan penyelenggaraan kompetisi seperti ini secara berkala serta berkelanjutan, para guru dapat termotivasi untuk terus meningkatkan kapasitas diri,” pungkasnya. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar