Pendidikan & Kesehatan

Disdik Kabupaten Kediri Gelar Kompetensi Sains Nasional Tingkat SD

Kediri (beritajatim.com) – Guna menyediakan wahana bagi peserta didik SD untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang matematika dan IPA, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten. KSN ini berlangsung di SDN Kapas Kecamatan Kunjang, Kamis (12/3/2020).

Sebanyak 156 pelajar yang terdiri dari 78 peserta bidang matematika dan 78 peserta bidang IPA, adu kemampuan dalam ajang tersebut. Mereka berasal dari 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri. Dalam kompetisi ini, para peserta diharuskan untuk mengerjakan soal-soal pelajaran IPA dan matematika dengan mengikuti materi utama KSN 2020. Keseluruhan materi soal berasal dari Kemendikbud RI sehingga berstandart nasional.

Drs. Sujud Winarko, MM., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri mengatakan, KSN merupakan program dari pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kota atau kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional.

“Diharapkan dengan adanya kompetisi ini, para siswa mampu menunjukkan potensi maksimal pada bidang lomba yang diikuti. Serta para siswa mampu mendapatkan hasil terbaik dan bisa mewakili Kabupaten Kediri di tingkat nasional, bahkan internasional,” katanya.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga untuk memotivasi peserta didik sekolah dasar untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual. Selain itu dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas pembelajaran matematika dan IPA di sekolah dasar.

Yang tidak kalah penting, penyelenggaraan KSN ini memfasilitasi bakat, minat dan prestasi peserta didik di bidang sains. Kompetisi ini juga sebagai tempat untuk mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta, sehingga mampu membentuk siswa beprestasi yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan mewujudkan bangsa yang unggul. [adv kominfo/nm]

Apa Reaksi Anda?

Komentar