Pendidikan & Kesehatan

Diresmikan dengan Khotmil Alquran, Pemprov Buka RS Darurat Lapangan Bangkalan

BPWS sisi Madura menjadi Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan alias Rumah Isolasi OTG (Orang Tanpa Gejala)

Bangkalan (beritajatim.com) – Lonjakan kasus Covid-19 di Bangkalan dalam seminggu terakhir membuat Pemprov Jatim mengambil keputusan cepat dengan mengubah tempat karantina sementara di area kantor BPWS sisi Madura menjadi Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan alias Rumah Isolasi OTG (Orang Tanpa Gejala).

Perubahan itu ditandai dengan penambahan kapasitas tempat tidur (bed) dan sejumlah fasilitas di area yang berlokasi di Desa Pangpong, Kecamatan Labang ini.

“Jika saat ini, kapasitas bed di tempat itu masih sekitar 330 bed, dalam beberapa hari ke depan, kapasitas RS Darurat Lapangan di Bangkalan ini akan ditingkatkan menjadi 550 bed. Pembukaan RS Darurat Bangkalan sesuai dengan arahan gubernur,” kata Plh Sekdaprov Jatim, Heru Thahjono didampingi Tenaga Ahli BPBD Jatim Suban Wahyudiono, Kamis (17/6/2021).

Tak cuma itu, di area ini, Pemprov Jatim juga akan menyediakan cafe gratis bagi para pasien, tempat olahraga, ruang rapat VIP dan beberapa tempat layanan administrasi.

Perubahan dan perluasan area RS Lapangan Bangkalan ini tidak hanya memanfaatkan Gedung Pusat Informasi, tapi juga sejumlah Gedung Food Court yang ada di sekitar area BPWS.

BPWS sisi Madura menjadi Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan alias Rumah Isolasi OTG (Orang Tanpa Gejala)

Untuk menandai peresmian perubahan tersebut, pada Kamis (17/6/2021) sore ini akan digelar kegiatan Khotmil Quran yang dilakukan oleh 30 santri LPTQ Kabupaten Bangkalan dan pemberian santunan kepada 10 anak yatim yang ada di sekitar wilayah Kecamatan Labang dan Pondok Pesantren Al-Akhyar, Tambak Agung Desa Ba’engas, Kecamatan Labang. Pembukaan juga dihadiri Kadinsos Jatim, M Alwi.

“Semoga ikhtiar ini bisa mempercepat proses penanganan kasus Covid-19 di Bangkalan, dan mencegah penyebarannya di daerah sekitar,” tuturnya.

Suban menambahkan, saat ini di Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan telah diisi 128 orang, terdiri dari 101 laki-laki dan 27 wanita.

Pemprov Jatim buka RS Darurat Lapangan Bangkalan, Peresmian dilakukan dengan Khotmil Alquran,, Kamis (17/6/2021)

“Dari jumlah 128 orang itu, yang sudah dinyatakan positif melalui swab PCR sebanyak 26 orang dan sisanya 102 orang reaktif antigen (menunggu hasil swab PCR).

Nantinya, dalam RS Darurat Lapangan Bangkalan ini juga akan dibangun Tenda Asrama Nakes, ruangan VIP dan rapat, serta sisanya untuk ruang isolasi pasien. Ini memanfaatkan enam gedung food court yang ada. (tok/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar