Pendidikan & Kesehatan

Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Prof Dr Soekandar, WNA Asal India Negatif Corona

Ruang isolasi di RSUD Prof Dr Soekandar Mojosari. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal India yang dirawat di RSUD Prof Dr Soekandar di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto negatif virus Corona. Ini setelah pihak rumah sakit milik Pemkab Mojokerto ini melakukan observasi terhadap WNA berjenis laki-laki tersebut.

“Setelah pasien datang, kami langsung observasi di ruang isolasi. Sebetulnya diagnosanya pneumonia atau radang paru-paru karena dia 14 hari lalu kontak dengan WNA dari India di Mojokerto. Saat ini masih dalam perawatan dan kondisinya semakin membaik,” ungkap, Direktur RSUD Prof Dr Soekandar, dr Djalu Naskutub, Kamis (5/3/2020).

Masih kata dr Djalu, saat ini pihaknya juga masih menunggu hasil laboratorium dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Surabaya. WNA baru saja kontak langsung dengan warga berkebangsaan India dan Malaysia. Saat ia mengeluh sakit batuk, pilek dan panas, ia langsung datang ke RSUD Prof Dr Soekandar.

Sementara itu, Kepala Ruangan dr Gigih Setijawan mengatakan, pihaknya telah mengecek pasien tersebut. “Hasil foto toraks paru-paru pasien bersih. Kalau corona ada kantung-kantung udara kecil di paru-parunya. Dalam foto toraks jika corona akan nampak bintik-bintik kecil pada paru-paru,” katanya.

Untuk sementara, dokter spesialis paru ini, memastikan WNA asal India tersebut negatif corona. Status pasien saat ini sebagai Orang dalam Pemantauan. Namun agar lebih menyakinkan lagi, pasien kembali menjalani foto toraks. Jika paru-parunya bersih, maka pasien akan diizinkan pulang.

“Kalau hasil swap negatif ya sudah obati dia sebagai mana pneumonia mungkin sebab dengan yang lain, kalau dia positif barulah disebut confirmed corona virus. Pasien ini masuk kategori pasien dalam pengawasan, alhamdulilah dapat laporan kondisinya membaik. Keluhannya hanya batu pilek saja, sudah tidak sesak nafas,” tegasnya.

Dr Gigih menambahkan,untuk menangkal virus Corona atau pencegahannya hidup bersih dan sehat. Seperti melakukan cuci tangan dengan antiseptik, makan bergizi, istirahat cukup, tidak merokok, hindari tempat keramaian.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar