Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Ponorogo: Vaksinasi Booster ke-2 Boleh untuk Masyarakat Umum

Vaksin Booster
Seorang warga Ponorogo melakukan vaksinasi booster kedua di Griya vaksin Dinkes Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono

Ponorogo (beritajatim.com) – Mulai tanggal 24 Januari kemarin, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo membuka atau memberikan vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua masyarakat umum di bumi reog.

Dimana sebelumnya, vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua ini hanya untuk tenaga kesehatan (nakes) saja. Kini, masyarakat bisa melakukan vaksinasi booster kedua di titik-titik fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Ponorogo yang melayani vaksinasi Covid-19.

“Vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua untuk masyarakat umum ini, merupakan kebijakan pusat, lewat surat edaran (SE) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tertanggal 22 Januari 2023,” kata Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan  (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo Anik Setyorini, Rabu (25/01/2023).

Dengan pedoman surat edaran dari Kemenkes itu, Dinkes Ponorogo mulai tanggal 24 Januari kemarin membuka secara serentak vaksinasi booster kedua ini. Baik itu di Griya Vaksin Dinkes Ponorogo maupun layanan vaksinasi di 31 Puskesmas yang ada di bumi reog.

Anik mengklaim adanya vaksin booster kedua untuk masyarakat umum, membuat layanan vaksinasi di beberapa faskes milik Dinkes Ponorogo meningkat jumlah pengunjungnya.

“Alhamdulillah antusias masyarakat tinggi. Beberapa faskes milik kita meningkat kunjungannya,” kata Anik.

Peningkatan ini, kata Anik memang sudah dalam prediksinya. Sebab, sebelumnya mereka sudah melakukan pengumuman di berbagai media sosial (medsos). Peningkatan layanan vaksinasi ini, klaim Anik sampai 2,5 kali lipat dari hari biasanya. Biasanya setiap fakses sekitar 28-35 orang

“Alhamdulillah antusiasme tinggi. Kemarin rata-rata ada  84 orang setiap harinya yang melakukan vaksinasi,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar