Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Pamekasan Siapkan Tim Khusus di Arena MTQ Jatim 2021

Peserta MTQ Jatim 2021, menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum masuk ke arena MTQ di Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, menyediakan tim khusus kesehatan di 12 lokasi berbeda pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Jawa Timur, yang digelar di Pamekasan, Selasa hingga Kamis (2-11/11/2021) mendatang.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mendeteksi dini kemungkinan adanya peserta yang terpapar Coronavirus Disease 2021, terlebih ajang pelaksanaan empat tahunan tingkat Jawa Timur, dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Jumlah tenaga kesehatan yang mendapat tugas khusus sebanyak 48 orang, mereka bertugas memantau kesehatan peserta di 12 lokasi berbeda, memeriksa kesehatan peserta secara berkala, serta melakukan tes cepat antigen,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Pamekasan, dr Saifuddin, Selasa (9/11/2021).

Jumlah tersebut disebar dengan melihatkan 4 (empat) tenaga kesehatan di tiap lokasi MTQ, mereka bertugas melakukan pemantauan kesehatan peserta secara bergantian. “Sejauh ini memang belum ada laporan adanya peserta yang terkonfirmasi Covid-19, tapi penegakan disiplin protokol kesehatan tetap kami perketat,” ungkapnya.

“Memang ada beberapa peserta yang mengalami gangguan kesehatan dan mendapat pertolongan pertama dari tim kesehatan. Tetapi mereka hanya terjangkit gejala flu biasa, bukan terpapar Covid-19,” sambung pria yang akrab disapa dr Saifud.

Berdasar data Dinkes Pamekasan, jumlah peserta MTQ Jatim 2021 di Pamekasan yang mendapatkan perawatan medis selama kegiatan berlangsung mencapai angka sebanyak 31 orang dari total jumlah peserta sebanyak 1.303 orang.

Dari total peserta yang mendapat perawatan tersebut, selanjutnya dilakukan tes cepat antigen yang dilakukan kepada dewan hakim dan dewan pengawas lainnya. Namun hasil tes cepat semuanya negatif dan tidak terkonfersi Covid-19. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar