Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Dinkes Pamekasan Lakukan Screening di Pesantren

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, melalui Pusat Kesegatan Masyarakat (Puskesmas) setempat, melaksanakan screening kepada para santri yang sudah mulai kembali ke pesantren pasca menjalani libur Ramadan 1441 Hijriyah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengantisipsi sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona, termasuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh seluruh pesantren. Sehingga nantinya dapat terhindar dari penyebaran wabah Covid-19.

“Pada kesempatan ini, kami bersama pihak Puskesmas melaksanakan screening kepada para santri yang mulai kembali ke pesantren. Tujuannya sebagai langkah antisipatif sekaligus mencegah penyebaran Covid-19,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Pamekasan, dr Achmad Marzuki, Selasa (9/6/2020).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau seluruh pesantren agar selalu menerpkan protokol kesehatan sesuai arahan atau himbauan yang dikeluarkan pemerintah. “Dari itu kami selalu mengimbau agar para santri selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, tentunya juga dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Seperti selalu menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan lainnya,” imbaunya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta agar pihak pesantren selalu menjalin komunikasi dan koordinasi intens bersama pusat kesehatan (puskesmas) setempat, guna mengantiispasi berbagai kemungkinan. “Tidak kalah penting selalu koordinasi bersama Puskesmas terdekat, jika nantinya ada persoalan kesehatan para santri,” pintanya.

“Dari itu kami berharap semoga situasi (Pandemi Covid-19) ini segera berakhir, sehingga para santri dapat menjalankan tugas belajar dengan maksimal. Tidak terkecuali bagi masyarakat umum, sehingga kehidupan kembali seperti sedia kala,” pungkasnya.

Berdasar informasi yang dihimpun beritajatim.com, terdapat sebanyak 329 pesantren yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di kabupaten Pamekasan. Dari jumlah tersebut, sebagian besar pesantren sudah kembali memasuki masa aktif pasca libur Ramadan. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar