Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Kota Mojokerto Ajukan 3.200 Ampul Vaksin

Foto ilustrasi

Mojokerto (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur mengajukan sebanyak 3.200 Ampul vaksin ke Dinkes Provinsi Jawa Timur. Namun Dinkes Provinsi Jawa Timur hanya mendistribusikan untuk wilayah Kota Mojokerto sebanyak 2.840 Ampul.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Mojokerto, dr Farida Mariana mengatakan, terkait dengan adanya kekurangan vaksin dari jumlah yang diajukan hingga saat ini masih menunggu keputusan dari Dinkes Provinsi Jatim.

“Apa yang didapat itu, yang akan diberikan terlebih dahulu kepada para nakes. Dari total 2.840 Ampul vaksin pendistribusian Dinkes Provinsi Jawa Timur tersebut dikhususkan untuk nakes,” ungkapnya, Jumat (15/1/2021).

Proses pendistribusian vaksin akan dilaksanakan oleh Dinkes Kota Mojokerto dan akan langsung didistribusikan ke masing-masing puskesmas dan Rumah Sakit Umum Dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto.

“Untuk gudang penyimpanan vaksin sendiri akan ditempatkan di Kantor Dinkes Kota Mojokerto. Namun hingga saat ini, untuk vaksin Covid-19 yang diajukan oleh Dinkes Kota Mojokerto belum dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa-Timur,” katanya.

Pasalnya, untuk vaksin tahap 1, termin 1, hanya diberikan ke tiga wilayah yaitu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Untuk wilayah Kota Mojokerto akan masuk pada tahap 1, termin 2 dalam penerimaan vaksin yak i didistribusikan pada, tanggal 2 Februari 2021.

“Target dari Dinkes Kota Mojokerto dalam satu minggu bisa melaksanakan vaksinasi kepada 1.390 nakes. Prioritas awal adalah nakes dan pimpinan daerah. Untuk rumah sakit vaksin akan didistribusikan kepada nakes yang bekerja di RS,” katanya.

sedangkan untuk nakes yang bekerja di klinik dan dokter praktek pribadi akan melaksanakan vaksin di puskesmas wilayah kerja masing masing. Menurutnya, pihaknya mengkhawatirkan adanya penolakan vaksinasi tersebut.

“Iya kemungkinan adanya penolakan. Namun hal ini sudah diantisipasi dengan cara melaksanakan sosialisasi dengan pihak Diskominfo Kota Mojokerto,” jelasnya. [tin]



Apa Reaksi Anda?

Komentar