Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Kota Malang Gandeng Dinas Kominfo Gencarkan Sosialisasi Vaksinasi

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko disuntik vaksin sinovac dosis kedua.

Malang(beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kota Malang menggandeng Dinas Kominfo untuk melakukan sosialisasi vaksinasi tahap dua. Selain sosialisasi mereka juga melakukan edukasi vaksinasi tahap dua ke masyarakat.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Malang, Latifah Hanun mengatakan, tujuan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat ikut program vaksinasi. Saat ini Kota Malang sedang melakukan vaksinasi tahap dua sejak 24 Februari dan ditargetkan rampung pada Maret ini.

“Kita melaksanakan promosi kesehatan yang gencar,  juga bekerja sama dengan Kominfo, melaksanakan edukasi masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19,” kata Latifah, Kamis, (4/3/2021).

Latifah mengatakan, selain melibatkan Diskominfo. Mereka juga akan memanfaatkan peran posyandu di setiap wilayah dalam sosialisasi ini. Peran kader posyandu juga akan dimaksimalkan dalam mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi.

“Kita akan mensosialisasikan kepada posyandu-posyandu untuk mengajak masyarakat agar mau datang ke tempat-tempat vaksinasi. Karena pedagang pasar, lansia dan sebagainya harus tercover semua. Kita libatkan kader posyandu untuk mensukseskan sosialisasinya,” ujar Latifah.

Hanun mengatakan, edukasi vaksinasi di masyarakat untuk mengakhiri pro kontra program vaksinasi. Sebab, dengan vaksinasi total herd imunity akan terbentuk. Reaksi dari vaksin hampir sama dengan imunisasi pada bayi.

“Dengan vaksinasi secara total ini, herd imunity masyarakat bisa terbentuk minimal 70 persen. Jadi kami mengimbau kepada masyarakat bahwa jangan takut akan vaksinasi Covid-19 ini, apalagi sekarang ini gratis ditanggung oleh pemerintah,” tandasnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar