Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Kota Malang Ajak Warga Hidup Sehat Demi Terhindar Virus Corona

Tugu Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Virus corona dikabarkan telah menyebar kesejumlah negara di Asia. Bermula dari salah satu wilayah di China, virus corona kini diidentifikasi telah menjangkit sejumlah negara bahkan hingga Indonesia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif mengungkapkan, ada cara sederhana untuk menghindari virus corona. Salah satunya pola hidup sehat, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

“Memang sepele, tapi harus dilakukan. Prinsipnya perilaku hidup bersih dan sehat. Biasakan cuci tangan, baik sebelum ataupun sesudah dari toilet, makan, serta cuci tangan setelah menyentuk barang-barang dari tempat umum,” papar Husnul, Jumat, (24/1/2020).

Husnul menyebut, pola hidup sehat memiliki dampak yang cukup besar. Selanjutnya, bila diketahui ada warga yang menderita demam tinggi, diimbau segera dibawa ke layanan kesehatan. Menurutnya, seperti di Puskesmas milik Dinkes Kota Malang. Petugas telah siap memberikan layanan kesehatan termasuk melakukan sosialisasi ke warga.

“Virus Corona ini dapat menyebabkan gangguan di saluran pernafasan khususnya yang dekat dengan paru-paru. Gejalanya, batuk mulai 3 sampai 7 hari, diikuti dengan rasa tidak enak di tenggorokan, serta suhu badan naik. Jadi waspadai gejala-gejala yang muncul,” papar Husnul.

Selain itu, Husnul mengimbau warga Malang untuk menahan diri dulu berlibur ke negara-negara terdeteksi virus corona. Mulai dari China dam negara-negara tetangganya. “Prinsipnya kewaspadaan kita, hindari dulu traveling ke tempat umum, khususnya daerah yang terjangkit seperti China,” tandasnya. (Luc)





Apa Reaksi Anda?

Komentar