Pendidikan & Kesehatan

Jalin kolaborasi dan Sukseskan Program Bersama

Dinkes Kabupaten Mojokerto Gelar Rakerkesda ke-2

Mojokerto (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) ke 2 Kabupaten Mojokerto 2019. Kegiatan digelar di salah satu hotel di Kota Mojokerto tersebut diikuti sebanyak 200 peserta.

Dengan tema ‘Penguatan Kolaborasi Kabupaten Mojokerto Menuju Cakupan Kesehatan Semesta’, kegiatan dibuka oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kabupaten Mojokerto, Agus M Anas Edi Santoso mewakil Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi.

Agus M Anas Edi Santoso dalam sambutannya menghimbau agar seluruh unit kerja pelayanan public baik puskesmas, rumah sakit maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Mojokerto untuk terus berkomitmen dan memberikan kinerja terbaik pada masyarakat.

“Unit-unit kerja baik Puskesmas Kecamatan, maupun OPD harus terus berinovasi. Masyarakat tidak bisa berdiri sendiri, mereka juga butuh bantuan organisasi dan instansi untuk bersama mengsukseskan program GERMAS,” ungkapnya, Selasa (23/4/2019).

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan program Dinkes untuk menjalin kolaborasi dan mensukseskan program bersama, meliputi program bersama terkait Angka Penurunan AKI dan AKN.

Pencegahan Stunting dan Mutu meningkatkan Imunisasi, pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Eliminasi TBC. Didik menambahkan, bahwa saat ini banyak inovasi dibidang kesehatan yang digagas Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa seperti SAJADAH (Santri Jatim Sehat & Berkah), BUAIAN (Bunda Anak Impian), KOPIPU (Konseling dari Pintu ke Pintu).

Rakerkesda Kabupaten Mojokerto di sesi terakhir membedah permasalahan yang ada di masyarakat dan ditutup dengan pembagian perkelas dan organisasi terkait dengan masalah kesehatan yang ada. Para peserta juga harus merumuskan permasalahan yang ada dan solusi terbaik dari Forum Group Diskusi.

Dalam rapat kali ini juga di hadiri oleh Yayuk Pungkasiadi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, Forkopimda, OPD terkait. Peserta Rakerkesda dihadiri oleh perwakilan dari puskesmas, Rlrumah sakit, organisasi profesi, PONKESDES serta Asosiasi Pengobatan Traditional yang ada di Wilayah Kabupaten Mojokerto. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar