Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Jember: 3 Pasien dalam Pengawasan Terkait Corona

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini

Jember (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Jawa Timur, melansir ada tiga warga yang masuk dalam kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) terkait Coronavirus Disease-19 (Covid-19).

“Saat ini sampai hari ini kami catat ada tiga orang PDP. Satu orang sudah dilakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel. Hasilnya negatif. Yang dua orang baru masuk sehingga masih kami lakukan observasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini, Selasa (17/3/2020).

Mereka sudah dirawat di RS Daerah dr. Soebandi. Selain tiga pasien PDP, sebanyak 16 orang masuk dalam kategori ODP (Orang Dalam Pemantauan) terkait Coronavirus Disease-19 (Covid-19).

“Kami lakukan pemantauan ketat terhadap ODP, lebih ketat daripada ODR (Orang Dalam Risiko). Ini bisa meningkat menjadi PDP (Pasien Dalam Pengawasan),” kata Kusworini.

Sementara itu 242 warga masuk kategori ODR. Sekitar 170 orang dinyatakan dalam kondisi sehat dan sudah selesai dipantau 14 hari. “Ini bukan hanya mereka yang datang dari luar negeri, tapi juga orang yang dari bepergian dengan gejala influenza, termasuk keluarga yang masuk dalam ODP,” kata Kusworini.

Kusworini mengatakan, RSD dr. Soebandi adalah rumah sakit rujukan. “Jadi yang masuk pantauan bukan hanya orang Jember,” katanya.

Kusworini berharap warga yang masuk kategori ODR agar melakukan isolasi mandiri di rumah. “Puskesmas akan tetap melakukan pemantauan. Bila ada gangguan segera menghubungi petugas kesehatan terdekat,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar