Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Gresik Ingin Dapatkan Jatah Vaksin Sinovac

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Pemerintah pusat telah mendatangkan vaksin Covid-19 Sinovac dari China. Harapannya, keberadaan vaksin tersebut menjadi solusi ditengah naiknya kasus konfirmasi positif virus yang mematikan tersebut.

Terkait dengan itu, Pemkab Gresik pun juga sudah mengusulkan ribuan vaksin untuk mereka yang berisiko. Meski sudah mengusulkan, kedatangan vaksin Sinovac di Gresik sendiri belum bisa diketahui sampai saat ini. Pasalnya, baik dari Pemprov Jatim maupun Pemerintah Pusat, distribusi vaksin ke daerah belum diketahui kapan akan dimulai.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik drg Syaifuddin Ghozali mengatakan, meski sebanyak 1,2 juta vaksin sudah tiba di Indonesia, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lanjut. Padahal, jauh-jauh hari pihaknya sudah mengirimkan usulan ribuan vaksin untuk Gresik.

“Kami sudah mengusulkan meski tahap awal diperuntukkan buat tenaga medis, aparat kepolisian dan TNI. Ini karena petugas penegakan protokol kesehatan, elemen itu lah yang paling beresiko,” katanya, Selasa (8/12/2020).

Ghozali menyampaikan proses tahapannya memang seperti itu. Sebab, mereka aparat dan tenaga kesehatan (Nakes) harus tetap mengawal warga Gresik untuk divaksin.

“Tahap awal prioritas elemen itu. Karena mereka yang paling risiko. Setelah itu baru masyarakat,” ungkapnya.

Vaksin dari China ini lanjut dia, diperkirakan akan sampai di Gresik awal tahun depan. Sehingga, vaksinasi mulai dilakukan sekitar bulan Januari sampai Februari.

“Yang penting kami terus upayakan agar vaksin segera hadir disini, agar kasus konfirmasi positif juga bisa segera ditekan,” tandas Ghozali. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar