Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Gresik Distribusikan APD ke Seluruh Kecamatan dan Rumah Sakit

Gresik (beritajatim.com) – Perang melawan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik terus dilakukan. Sebagai bentuk keseriusannya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik mendistribusikan ratusan alat perlindungan diri (APD) ke sejumlah Puskesmas dan rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Saifuddin Ghozali mengatakan, pendistribusian APD diperuntukkan buat seluruh Puskesmas yang tersebar, dan sejumlah rumah sakit swasta yang merawat pasien yang menghidap Covid-19.

“Ada 220 APD serta 320 masker N950 yang didistribusikan serta 34 unit thermo gun. Sepatu booth 96 pasang, dan 180 boks vitamin ditambah dua dirigen berisi cairan handa sanitizer,” katanya, Rabu (8/04/2020).

Ia menambahkan, selain didistribusi barang tersebut. Pihaknya juga membagikan 160 boks masker bedah.

“Semua APD maupun masker serta vitamin dan handa sanitizer per hari ini langsung kami didistribusikan,” imbuhnya.

Saat ditanya soal anggaran penanganan virus Covid-19 yang mencapai Rp 160 milir. Saifuddin Ghozali menuturkan, dari jumlah itu yang sudah terserap baru Rp 8 miliar.

“Anggaran Rp 8 miliar itu sudah dicairkan untuk petugas medis di garda depan,” ungkapnya.

Sementara, Soni perwakilan dari Puskesmas Benjeng mengaku berterima kasih ada bantuan APD dan lain-lain untuk penanganan virus Covid-19 di wilayahnya.

“Bantuan ini sangat bermanfaat mengingat ada pasien asal Benjeng positif Covid-19,” katanya.

Hal senada juga dikemukakan oleh RS Muhammadiyah Gresik, Faturrachman. Menurutnya, bantuan dari Dinkes bisa memperingan tenaga medis di tengah terbatasnya APD.

“Tentunya sangat bermanfaat sekali kami dibantu APD terkait penanganan Covid-19,” tandasnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar