Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Bojonegoro Target 70 Persen Masyarakat Tervaksin Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro Ani Pudjiningrum saat membuka kegiatan vaksinasi yang diberikan kepada awak media.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro menarget 70 persen dari total penduduk di Bojonegoro bisa disuntik vaksin sinovac untuk menciptakan kekebalan imunitas dan memutus penyebaran Covid-19.

“Data yang ada di Dinkes Bojonegoro jumlah penduduk yang ada sebanyak sekitar 1,3 juta jiwa. Dari jumlah total itu 70 persennya akan dilakukan vaksinasi,” ujar Kepala Dinkes Bojonegoro Ani Pudjiningrum, Rabu (3/3/2021).

Menurut Ani, vaksinasi dilakukan dalam empat tahap, pada tahap pertama diberikan kepada tenaga medis, tahap dua untuk pelayan publik, tahap tiga untuk pelaku ekonomi dan tahap keempat diberikan kepada masyarakat umum. Vaksinasi ini akan dilakukan dalam kurun waktu satu tahun.

“Vaksinasi ini dilakukan oleh 48 vasilitas kesehatan di Kabupaten Bojonegoro dan dibuka secara massal untuk mempercepat vaksinasi dan memperbesar cakupan,” katanya.

Dasar penyelenggaraan vaksinasi ini adalah Perpres nomor 14 tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Covid-19 yang kemudian diturunkan dalam Juknis Kementerian Kesehatan Nomor 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Covid-19.

Untuk diketahui, vaksinasi pada tahap satu dilakukan dengan pencanangan oleh Bupati Bojonegoro dan Forpimda pada 28 Januari 2021. Tahap satu sasaran penerima sebanyak 4.380 orang dan sudah tervaksin 100 persen.

Sedangkan, pada tahap dua, sebanyak 263.112 sasaran yang rencananya akan diselesaikan pada akhir Mei 2021. Saat ini sudah tervaksin 5.300 orang. [lus/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar