Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Banyuwangi Beber Kriteria Anak Layak Divaksin

Bupati Banyuwangi meninjau pelaksanaan vaksinasi anak-anak di sekolah dasar. (rin)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyuwangi memulai program vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Kini, sejumlah anak dibangku sekolah telah mendapat vaksinasi Covid 19.

Tapi tidak semua anak bisa mendapatkan suntikan vaksin. Karena ada kriteria tertentu bagi anak baru bisa mendapatkan vaksin untuk Covid-19 ini.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat mengatakan, seluruh Puskesmas kini telah melakukan cross check data terhadap siswa di sekolah-sekolah yang bisa dilakukan vaksinasi anak. Ini karena menurut Amir, Banyuwangi baru saja melakukan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

“Kami data siapa saja anak-anak yang belum ikut program imunisasi. Karena anak yang baru mendapat imunisasi, baru bisa dilakukan vaksinasi minimal satu bulan setelahnya,” kata Amir.

Program BIAS tidak hanya dilakukan di Banyuwangi saja, melainkan serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang diadakan dua kali dalam setahun. Program BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri, dan tetanus.

“Bagi siswa yang belum ikut program BIAS, bisa segera dilakukan vaksinasi covid 19. Saat ini Puskesmas di seluruh Banyuwangi tengah melakukan pendataan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah,” jelas Amir. (rin)

Apa Reaksi Anda?

Komentar