Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Dinilai Rendah, Menteri Suharso Monoarfa Tinjau Vaksinasi di Ponorogo

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa saat melihat vaksinasi door to door di Desa Winong Kecamatan Jetis Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kesuksesan daerah dalam melakukan vaksinasi Covid-19, akan cepat membentuk herd immunity di Indonesia. Untuk itu, Pemerintah Pusat terus mendorong vaksinasi daerah. Dengan melakukan suplai vaksin hingga mengurai permasalahan tersendatnya vaksinasi di daerah. Seperti yang dilakukan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. Dia melakukan peninjauan vaksinasi ke Ponorogo, tepatnya di Balai Desa Winong Kecamatan Jetis Ponorogo.

“Hari ini ke sini, ya ingin menyaksikan vaksinasi, karena di Jatim khususnya Ponorogo itu, rasio vaksinasinya masih relatif rendah, masih dibawah 50 persen untuk suntikan pertama,” ungkap Suharso Monoarfa, dihadapan awak media, Senin (18/10/2021).

Lebih lanjut, sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua malah lebih rendah lagi, yakni masih 17 persen. Maka dari itu, dirinya ingin mengetahui permasalahan yang terjadi di tingkat akar rumput ini. “Kenapa ini kok bisa terjadi, apa permasalahannya,” katanya.

Untuk permasalahan di bumi reyog, Suharso mendapatkan laporan bahwa hanya karena suplai vaksinnya. Sedangkan antusiasme warga untuk vaksinasi ternyata ada. Beda dengan daerah lain yang pernah didatangi olehnya. Dimana stok vaksinnya ada, namun antusiasme warga untuk vaksinasi justru rendah.

“Ada daerah yang stok vaksin ada, tetapi untuk warga mau vaksinasi harus melaluu proses sosialisasi meyakinkan masyarakat bahwa vaksinasi itu biasa saja. Seperti halnya untuk anak-anak dilakukan imunisasi,” katanya.

Selain menyaksikan vaksinasi yang tersentral di balai desa, Suharso juga melakukan peninjaun vaksinasi secara door to door. Pelayanan vaksin door to door ini menyasar kepada warga yang sudah lanjut usia (lansia). “Edukasi pentingnya vaksinasi Covid-19 itu harus diperluas, supaya rencana pemerintah untuk herd immunity juga cepat tercapai,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar