Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Dindik Ponorogo Tegaskan Bantuan Chromebook Terealisasi Tahun Ini

Kepala Dindik Ponorogo, Nurhadi Hanuri (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sebagai tenaga IT, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ponorogo juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait pengadaan bantuan chromebook untuk satuan pendidikan jenjang sekolah dasar (SD). Kepala Dindik Ponorogo Nurhadi Hanuri telah berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan pejabat pembuat komitmen (PPKom).

“Ya melakukan tindak lanjut terkait pengadaan bantuan chromebook, program dari Kemendikbudriatek. Sudah berkomunikasi dengan Pak Sekda dan PPKom-nya,” kata Nurhadi, Kamis (26/5/2022).

Mantan Kepala Cabdindik Provinsi Jatim wilayah Ponorogo dan Magetan ini menyebut bahwa tahun 2022 harus terealisasi bantuan chromebook ini, untuk SD di Ponorogo. Pihaknya saat ini sedang menunggu kejelasan dari sistemnya.

“Pengadaan chromebook ini dilaksanakan melalui katalog elektronik (e-katalog),” katanya.

Dengan sistem ini, tentu akan lebih transparan, seluruh penyedia dapat menyampaikan barang yang sesuai dengan spesifikasi usulan. Tahapan ataupun cara pelaksanaannya mengikuti aturan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP).

“Dengan sistem ini, tentu bisa dilihat semuanya dan terbuka,” katanya.

Untuk diketahui, sebanyak 72 sekolah dasar (SD) negeri di Ponorogo bakal mendapatkan bantuan laptop chromebook. Masing-masing sekolah rencananya akan mendapatkan 15 unit chromebook. Sekolah yang mendapatkan bantuan ini, merupakan hasil seleksi yang dilakukan Kemendikbudristek RI.

Kabid Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo Edy Suprianto menyebutkan bahwa tolak ukur sekolah yang mendapatkan chromebook ini, salah satunya memiliki lebih dari 90 murid. Dia menyebut bahwa ada 579 SD yang didaftarkan mendapatkan bantuan. Namun, yang memiliki kewenangan untuk menunjuk dari Pemerintah Pusat.

“Dindik hanya berwenang menyampaikan usulan melalui data pokok pendidikan (Dapodik), yang memilih sekolah yang mendapat ya dari pusat,” katanya.

Sembari menunggu bantuan chromebook itu datang, tidak lupa Dindik Ponorogo menyiapkan sumber daya manusia (SDM), yang akan menjadi tim informasi teknologi (IT). Petugas yang jumlahnya kurang lebih 30 orang ini, melakukan pelatihan di Malang.

“Pelatihan SDM ini, merupakan bagian dari tahapan kesiapan. Jika nanti barang datang, guru-guru sudah siap,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar