Pendidikan & Kesehatan

Dindik Ponorogo: PTM Dilaksanakan Nanti Mulai 5 April

Kepala Dindik Ponorogo Endang Retno Wulandari (foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo mulai mengadakan rapat dengan instansi lainnya terkait sudah diizinkannya pendidikan tatap muka (PTM) oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Ya, kebijakan memperbolehkan lagi siswa masuk sekolah itu tertuang dalam surat edaran (SE) Bupati dengan nomor 713/864/ 405.01.3/2021, yang ditandatangani pada tanggal 22 Maret 2021.

“Setelah terbit SE Bupati itu, kami hari ini melaksanakan rapat. Rapat juga dihadiri oleh Pak Dandim 0802 Ponorogo terkait pelaksanaan PTM di masa pandemi ini,” kata Kepala Dindik Ponorogo Endang Retno Wulandari, Selasa (23/3/2021).

Meski sudah diizinkan, siswa-siswi juga belum bisa langsung masuk sekolah. Pihak sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan persyaratan untuk mengadakan PTM di lingkungan sekolah. Misalnya memperbarui izin dari wali murid. Kemudian juga harus ada laporan kepada satgas Covid-19 di tingkat kecamatan. “Sesuai amanat di SE Bupati, pihak sekolah harus membuat laporan ke satgas Covid-19 kecamatan,” katanya.

Selain itu, juga menyiapkan segala protokol kesehatan di lingkungan sekolahnya. Mulai dari keberhasilan ruangan, tempat cuci tangan, membersihkan kamar mandi maupun lingkungan sekolah. “Kan lama tidak digunakan, maka perlu dilakukan bersih-bersih dulu di lingkungan sekolah. Sebab penyakit itukan bukan hanya Covid-19 saja, untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, dibersihkan dulu,” katanya.

Nantinya, siswa yang masuk masih 30 persen dari kapasitas siswa keseluruhan. Retno menyebut PTM efektif dilakukan mulai tanggal 5 April nanti. Kebetulan, saat itu bakal ada ujian sekolah untuk SD dan SMP. “Jadi PTM ditingkat SMP untuk kelas 9 dan SD untuk kelas 6, yang sama-sama melaksanakan ujian sekolah,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar