Pendidikan & Kesehatan

Dindik Kota Surabaya Siapkan Peta Sebaran Siswa PPDB

Supomo Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi 2020 akan segera dimulai. Supomo, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya mengatakan telah menyiapkan peta sebaran siswa.

Sebaran siswa menjadi penting karena sistem zonasi mewajibkan siswa memilih sekolah dalam zonanya. Pemetaan sebaran siswa ini meliputi jumlah siswa yang akan lulus SD untuk menentukan kuota SMP negeri berdasarkan data jumlah anak usia sekolah di Dispendukcapil.

“Dari data tersebut kami akan melihat apakah jumlah sekolah di wilayahnya sudah mencukupi,” ujar Supomo, Kamis (2/1/2020).

Tujuannya menurut Supomo untuk memberikan pemerataan pendidikan gratis, maka jumlah rombongan belajar di sekolah negeri atau pembangunan sekolah baru bisa ditambah agar memfasilitasi warga Surabaya.

“Karena dengan sistem zonasi ini, misal ada SMP di kecamatan B sedangkan kecamatan A disebelahnya tidak ada maka sekolah di kecamatan B akan diserbu. Sedangkan berdasarkan zonasi maka sekolah B hanya akan menampung siswa dari kecamatan B, kasian yang dari kecamatan A. Makanya ini masih kami lihat sebaran dan kebutuhannya,” lanjutnya.

Hingga saat ini, dikatakan Supomo telah ada 302 SDN dan 63 SMPN di Surabaya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12 SDN dan 12 SMPN akan diperbaiki untuk memenuhi kebutuhan ruang kelas baru.  “Jumlah ini bukan semua nambah kelas, ada yang hanya perbaikan. Semua sesuai kebutuhan,” lanjutnya.

Menurut dia, penambahan kelas akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah dan jumlah maksimal rombongan belajar (rombel). Untuk SDN ada 24 rombel dan SMPN sebanyak 33 rombel. “Kalau lahannya terbatas, maka pembangunan dilakukan secara vertikal,” pungkasnya. (ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar