Pendidikan & Kesehatan

Dindik Jatim Manfaatkan Ruang Bigdata Untuk Sukseskan UNBK

Surabaya (beritajatim.com) – PLT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Hudiyono telah siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA dan SMK.

Ditemui di Dindik Jagir Surabaya, Rabu (30/10/2019) Hudiyono mengatakan kesiapan telah berjalan 80 persen. Saat ini UNBK telah dalam proses penyiapan data pusat. Sedangkan UNBK sendiri rencananya akan digelar pada Maret 2020 mendatang.

Hudiyono juga mengatakan bahwa persiapan UNBK di Jawa Timur ditunjang dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan langkah pemerintah provinsi dalam penggunaan big data.

“Jawa timur yang selalu memanfaatkan teknologi. Pada saat ujian mengunakan personal komputer saat simulasi dan persiapan bisa saja menggunakan gadget atau lainnya. Kami siap memanfaatkan ruang big data kapanpun untuk menyukseskan ujian nasional,” ujar Hudiyono.

Hudiyono juga menyatakan bahwa tahun ini diperkirakan akan ada kenaikan peserta UNBK setidaknya sebanyak 5 persen. “Tahun ini akan ada kenaikan, tapi itu tidak bermasalah dengan persiapan kita. Semua bisa diatasi,” terang Hudiyono.

Tahun ini pun akan ada penambahan komputer untuk sekolah daerah, sedangkan server hanya akan bertambah sebanyak 5 persen. Hal tersebut dikarenakan tidak banyak perubahan di database.[adg/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar