Pendidikan & Kesehatan

Dinas Peternakan Sumenep Cek Kesehatan Hewan Kurban di Pasar Ternak

Sumenep (beritajatim.com) – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban di pasar hewan reguler dan pasar hewan ‘dadakan’ jelang Idul Adha.

“Pengecekan terhadap kondisi hewan ternak ini menjelang Idul Adha kami tingkatkan,mengikuti hari pasaran di pasar-pasar hewan reguler. Masih ditambah dengan bursa hewan kurban musiman di pinggir-pinggir jalan,” kata Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep, Khaeru Ahmadi.

Pada Senin (27/07/2020), tim dokter hewan Dinas Peternakan melakukan pemeriksaan hewan kurban di pasar hewan Pamolokan dan di bursa hewan kurban Jl. Lontar, Kecamatan Kota Sumenep.

“Dari hasil pengecekan kami, Alhamdulillah tidak ada hewan kurban yang sakit. Semuanya sehat dan memenuhi syarat untuk disembelih sebagai hewan kurban,” terang Khaeru.

Ia menjelaskan, pemeriksaan hewan kurban tersebut akan dilakukan terus menerus hingga Idul Adha. Pemeriksaan tersebut juga dilakukan di kecamatan-kecamatan lain di luar Kecamatan Kota, mengingat ada petugas paramedik peternakan. “Mereka sudah kami latih dan mendapat sertfikat kompeten untuk membantu paramedik veteriner dan dokter hewan dalam bertugas di lapangan,” terangnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar