Pendidikan & Kesehatan

Dinas Pendidikan Sumenep Keluarkan SE Perpanjangan Masa Belajar di Rumah

Sumenep (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep telah menerbitkan surat edaran (SE) tentang perpanjangan masa belajar di rumah.

Dalam surat yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Carto, tertanggal 28 Mei 2020, disebutkan tentang skenario masuk sekolah memasuki era normal baru menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19.

SE yang ditujukan kepada Koordinator pengawas kabupaten, Ketua Ikatan Penilik Indonesia, Kepala PAUD/TK/SD/SMP negeri maupun swasta serta Kepala PKBM, disebutkan bahwa masa belajar dari rumah tahap II yang sedianya berakhir pada 30 Mei 2020, diperpanjang hingga tanggal 20 Juni 2020.

Sedangkan tanggal 22 Juni – 11 Juli 2020 merupakan libur sekolah (kenaikan kelas). Dengan demikian, siswa akan masuk sekolah pada tahun pelajaran baru tanggal 13 Juli 2020.

Untuk kenaikan kelas dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2020 dengan cara menginformasikan melalui sistem daring kepada seluruh wali murid. Sedangkan pemyerahan raport dilaksanakan setelah tanggal 13 Juli 2920 (pada saat siswa mulai masuk sekolah) dengan cara membagikan pada masing-masing siswa di kelas.

“Perpanjangan masa belajar di rumah itu kami lakukan dengan pertimbangan belum adanya penurunan angka penyebaran Covid-19 secara signifikan di Kabupaten Sumenep,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep,.Carto, Kamis (28/05/2020).

Selain itu, ia juga ingin memberikan kesempatan kepada sekolah untuk menyiapkan fasilitas dalam melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19. “Sekolah harus menyiapkan tempat cuxi tangan, hand sanitizer, penataan kelas, penyemprotan disinfektan, serta pengaturan jadwal kegiatan belajar mengajar dan jam pelajaran,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk jadwal pengumuman kelulusan SMP dilaksanakan pada 5 Juni 2020 dan SD pada 15 Juni 2020 dengan cara menginformasukan secara daring.kepada wali murid. “Sedangkan untuk kegiatan lainnya termasuk PPDB dilakukan sesuai petunjuk teknis dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkas Carto. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar