Pendidikan & Kesehatan

Dilahirkan oleh Pasien Covid-19, Bayi di Ponorogo Dipastikan Negatif

Salah satu warga yang ikut jagong bayi dilakukan swab beberapa waktu yang lalu (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Seorang ibu di Ponorogo yang terkena virus Corona berhasil melahirkan dengan lancar. Untuk memastikan kondisi kesehatan, dilakukan tes swab terhadap si bayi.

Berdasarkan hasil swab itu, si bayi dinyatakan negatif Covid-19. Begitupun dengan 5 keluarga dekat si ibu, juga hasilnya negatif.

“Alhamdulillah, hasil swab bayinya negatif Covid-19, begitu juga dengan keluarga dekatnya juga negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini, Selasa (13/10/2020).

Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini mengungkapkan pihaknya juga belum tahu kenapa si ibu ini malah positif sendiri. Namun, dirinya bersyukur dengan hasil yang diperoleh ini. Setidaknya kekhawatiran adanya potensi kluster penularan dari jagong bayi tidak terjadi. Sebab hasil swab untuk warga jalan Ontoseno Kelurahan Kepatihan yang menjenguk atau jagong bayi juga semuanya negatif.

“Kami kan sempat khawatir, yang jagong bayi juga banyak, sementara ibunya positif,” katanya.

Dari tracing yang dilakukan pihak satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo, total ada 58 orang yang ditesting. Dari jumlah itu, semua hasil swabnya negatif. Tidak terkecuali dengan bidan dan dua perawat yang menolong persalinan si ibu bayi tersebut.

“Jadi ketiganya yang menolong persalinan si ibu juga negatif hasil swabnya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kasus ibu melahirkan yang terpapar Covid-19 memulai babak baru. Warga yang menjenguk atau jagong bayi akan dilakukan swab massal. Sebab, warga yang sebagian RT 01 RW 06 itu kontak langsung dengan sang ibu.

“Kami lakukan tracing, ada 51 orang yang kontak dengan sang ibu yang positif. Maka dari itu hari ini dan besok akan kami lakukan swab massal,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Hermansyah, Rabu (7/10/2020) lalu.

Hermansyah mengungkapkan, selain warga yang melakukan jagong bayi ini, sebelumnya sudah dilakukan swab untuk anggota keluarga si ibu termasuk bayinya. Namun, untuk anggota keluarga ini, hasil swabnya belum keluar. Mereka hingga saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Sampai saat ini baru si ibu yang terkonfirmasi Covid-19. Dia kini diisolasi di RSUD dr Harjono,” katanya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar