Pendidikan & Kesehatan

Diknas Kabupaten Kediri Sosialisasi Asesmen Nasional di SMPN Pagu

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri mengadakan sosialisasi Asesmen Nasional di Gedung UPTD SMP Negeri 1 Pagu, Kabupaten Kediri. Acara tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Sujud Winarko

Ada 40 peserta yang mengikuti sosialisasi. Mereka berasal dari perwakilan para guru Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Pagu. Yang menyebutkan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 ditiadakan, dan diganti dengan bentuk Asesmen Kompetensi Minimal (AKM).

“Kegiatan hari ini adalah sosialisasi asesmen kompetensi minimal, yang mana tersebut pengganti (UN) ditahun 2021. Jadi tidak ada Ujian Nasional (UN), adanya Assesmen,” kata Sujud Wijanarko, Rabu (25/11/2020).

Sosialisasi Asesmen tersebut telah disampaikan keseluruh lembaga yang ada di Kabupaten Kediri. Kelembagaan yang diberlakukan bentuk Asesmen mencakup SD, SMP dan SMA/SMK.

Pengadaan bentuk Asessmen ini ialah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud-RI). Salah satunya adalah melihat kondisi masa pandemi saat ini yang jarang untuk bertatap muka. Sehingga diperlukan bentuk Asesmen untuk pendalaman materi.

“Harapan saya dengan sosialisasi ini untuk ditindak lanjuti. Sehingga teman-teman bisa mengetahui mengajar secar teknis dan karakter, nantinya menyesuaikan dengan kegiatan program baru ini,” terangnya.

Masih katanya, sosialisasi agar para guru selalu siap sedia mengahdapi segala perubahan yang ada dalam dunia pendidikan dimasa mendatang. Disebutkan apabila terjadi waktu tatap muka, maka para guru harus selalu siap untuk menjaga protokol kesehatan.

“Apabila di tahun 2021 nanti sudah ada arahan mengajar tatap muka, harus siap. Para guru harus menyiapkan seperti masker, Face Shield, mencuci tangan, dan jaga jarak,” pungkasnya. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar