Pendidikan & Kesehatan

Dikabarkan Terima Pasien Virus Corona, RSSA Malang: Tidak Benar

Tim khusus penanganan virus corona di RSSA Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang membantah menerima pasien virus corona seperti kabar yang sedang berkembang. Pihak RSSA hanya menerima rujukan suspek virus corona, namun setelah diperiksa dinyatakan negatif dari virus asal China itu.

“Terlalu berlebihan tidak seperti kabar yang ada di media sosial. Dia datang untuk diperiksa karena ada rujukan kesini, kita bawa ke ruang isolasi dengan sejumlah pemeriksaan oleh tim khusus yang menangani sepakat bahwa pasien ini negatif virus corona,” ujar Ketua Tim Khusus Pencegahan Virus Corona, Didi Candradikusuma, Rabu, (29/1/2020).

Didi mengungkapkan, usai menerima pasien rujukan. Si pasien dibawa ke ruang isolasi untuk dilakukan tes fisik maupun tes medis lainnya. Kemudian melihat jejak rekam penyakit. Setelah menjalani pemeriksaan ternyata pasien hanya menderita infeksi pernafasan bukan virus corona.

“Karena mengdiaknosis penyakit ada tahapannya, dari pemeriksaan fisik dan perjalanan penyakit tidak mengarah ke virus corona. Karena secara endemik maupun kontak tidak pernah bersentuhan dengan pasien corona. Pasien ini mengalami infeksi pernafasan atau ISPA,” papar Didi.

Setelah dinyatakan negatif virus corona, pasien kemudian dipindah dari ruang isolasi menuju ke ruang perawatan. RSSA sendiri merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Jatim untuk penanganan virus corona. RSSA membentuk tim khusus berjumlah 30 tenaga medis serta membuat ruang isolasi sebagai antisipasi. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar