Pendidikan & Kesehatan

Difasilitasi Pemkab, Wartawan Jombang Jalani Rapid Test

Rapid test untuk wartawan yang dilakukan di Posko Gugus Tugas Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Puluhan wartawan yang bertugas di Jombang menjalani rapid test. Hal itu dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19. Pasalnya, profesi wartawan sering melakukan interkasi dengan berbagai eleman.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengatakan, rapid test bagi para kuli tinta itu penting dilakukan. Pasalnya, interaksi wartawan di lapangan sangat tinggi. “Nah, salah satu bentuk pencegahan virus corona adalah dengan rapid test. Alhamdulillah sudah dilakukan kemarin,” ujar Bupati Mundjidah, Rabu (13/5/2020).

Rapid test untuk wartawan tersebut dilakukan di posko Gugus Tugas Covid-19, Selasa (12/5/2020). Sedikitnya ada 50 wartawan yang diambil sampel darahnya. Dari situ akan diketahui apakah yang bersangkutan dinyatakan reaktif atau non-reaktif.

Bagiamana hasil rapid test tersebut? Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno menjelaskan, hasil rapid tersebut akan diberitakukan secara langsung kepada yang bersangkutan. Yakni, jika hasilnya reaktif, makanya tim dari Dinas Kesehatan akan menghubungi yang bersangkutan melalui telepon.

“Kalau tidak ada telepon dari petugas, berarti hasilnya non reaktif. Namun jika ada yang reaktif, maka yang bersangkutan harus melakukan isolasi mandiri. Kemudian ditindaklanjuti dengan tes swab. Hal itu untuk mengetahui apakah positif corona atau tidak,” ujar Budi.

Budi juga mengigatkan agar wartawan yang beraktifitas di lapangan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Yakni, menjaga jarak, mengenakan masker, serta sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir. Karena hal-hal itulah yang bisa memutus rantai penyebaran corona. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar