Pendidikan & Kesehatan

Diduga Idap HIV/AIDS Warga Perum GKB Ditelantarkan Keluarganya

Gresik (beritajatim.com)– Diduga menghidap HIV/AIDS, RBT (38) warga Jalan Enggano Perum Gresik Kota Baru (GKB) ditelantarkan oleh keluarganya di jalan kampung.

Menurut Khoirul Anam, tokoh masyarakat Jalan Enggano Perum GKB yang juga tetangga RBT menuturkan, keberadaan RBT yang lontang-lantung di perumahan membuat resah warga lainnya.

“Prinsipnya kami minta ada penanganan dari pihak keluarga. Namun, karena pihak keluarga juga angkat tangan, kami minta bantuan instansi terkait entah polisi atau dinas kesehatan untuk turun tangan,” ujarnya, Kamis (20/02/2020).

Adanya informasi tersebut, akhirnya didengar Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo. Usai melakukan pengamanan suporter sepak bola di Bunder, kapolres bersama jajarannya mendatangi Jalan Enggano, di Perum GKB.

Perwira dengan melati dua di pundak itu, belum bisa memastikan apakah RBT penderita HIV/AIDS atau tidak. Untuk itu dirinya sudah menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Gresik, Drg Gozali.

“Kami tunggu dulu tim dari Dinkes Gresik untuk memastikan apakah benar HIV atau tidak. Nanti akan diturunkan tenaga medis yang akan mengevakuasi pasien ke rumah sakit,” ungkapnya.

Sementar itu, Kadinkes Gresik, Drg Gozali saat dihubungi membenarkan pihaknya sudah mendapatkan informasi adanya pasien HIV/AIDS di Perumahan GKB. Saat ini, kata dia, pihaknya sudah memerintahkan Kepala Puskesmas Kebomas untuk mendatangi pasien.

“Kami observasi dulu, pasien akan kami bawa ke rumah sakit sekaligus pemeriksaan. Nanti akan diketahui apakah pasien ini masuk ketegori HIV/AIDS atau tidak,” pungkasnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar