Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Diduga 1000 Sapi di Sampang Terjangkit PMK

Sapi yang terinfeksi PMK. [Foto : dok]

Sampang (beritajatim.com) – Hampir seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, mewabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang ribuan hewan ternak.

“Sesuai hasil laporan yang kami terima, tercatat sekitar 1000 sapi terjangkit PMI,” terang Hendra Gunawan Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan-KP), Senin (6/6/2022).

Meski ribuan sapi terjangkit PMK, lanjut Hendra, pihaknya belum menerima info adanya sapi yang mati kerena wabah tersebut.

“Kalau sapi yang dilaporkan mati akibat PMK belum ada, hanya saja wabah tersebut hampir menyeluruh se Kabupaten Sampang,” imbuhnya.

Sapi di Sampang Terjangkit PMK

Pihaknya, juga mengimbau kepada peternak, untuk mengunakan menggunakan jamu tradisional, yang terbuat dari kunyit, temu lawak dan temu ireng untuk mengobati sapi. Sebab, sampai saat ini pihaknya belum mendapat bantuan obat-obatan terkait dengan wabah PMK.

Sekedar diketahui bahwa PMK bukan penyakit yang dapat membunuh hewan. Hanya penyebarannya sangat cepat dan tidak berdampak atau menular kepada manusia.[sar/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar