Pendidikan & Kesehatan

Diberi Kepercayaan Tangani Corona, Rektor Unair: Terima Kasih Presiden

Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih (berpeci)

Surabaya (beritajatim.com) – Jajaran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi atas kepercayaan yang diberikan pemerintah dalam penanganan virus corona (Covid-19).

Hal itu dikatakan Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih, SE, M.T, Ak, CMA melalui Dr Suko Widodo, M.Si, Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair kepada beritajatim.com, Jumat (13/3/2020) malam. “Sesuai dengan value dan komitmen Unair, kami senang dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam penanganan salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa ini, yakni COVID-19,” tegas Prof Nasih.

Penanganan penyebaran virus corona memperoleh perhatian besar pemerintah. Sejumlah pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota mengeluarkan kebijakan khusus terkait masalah ini. Misalnya, Pemkot Solo menetapkan wilayahnya dalam status kejadian luar biasa (KLB) virus corona. Kebijakan itu diambil setelah ada seorang pasien positif corona meninggal dunia dan seorang pasien lainnya menjalani perawatan di salah satu RS di Kota Solo.

Demikian pula dengan Pemprov DKI Jakarta. Gubernur Anis Baswedan telah mengeluarkan kebijakan meliburkan selama 2 minggu sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Selain itu, sejumlah tempat hiburan di bawah kendali Pemprov DKi Jakarta telah ditutup dari kunjungan warga. Anis mengingatkan warganya mengurangi aktifitas di luar rumah yang tak penting. Sebaiknya warga banyak melakukan aktifitas di dalam rumah.

Gubernur Jatim, Hj Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan warga Jatim waspada dan tak panik menghadapi kemungkinan sebaran virus corona di daerahnya. Dia mengutarakan, agar warga sering-sering mencuci tangan, makan yang sehat, dan giat berolahraga.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Presiden dan Kementerian Kesehatan atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada Unair dalam membantu penanganan masalah corona ini. Kami akan berikan dan lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta,” tegas Rektor Prof Nasih sebagaimana dituturkan Suko Widodo.

Unair memiliki sejumlah fakultas dengan kualifikasi sangat baik. Di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Farmasi. Diharapkan dengan infrastruktur yang dimiliki, didukung tenaga SDM yang profesional, kompeten, dan pengalaman Unair mampu menemukan obat dan metode kesehatan terbaik untuk mencegah sebaran wabah corona maupun teknik penyembuhannya bagi pasien yang terkena wabah corona.

Sebab, wabah corona telah ditetapkan WHO sebagai pandemi dan semua negara anggota WHO, termasuk Indonesia, mesti mengambil langkah darurat, tepat, dan cepat untuk mengatasi masalah tersebut. “Kita bekerja keras untuk membantu mengatasi masalah ini. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada kami,” tandas Dr Suko Widodo. [air/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar