Pendidikan & Kesehatan

Di Tengah Pandemi Covid-19, Lumajang Target ODF 100 Persen

Lumajang (beritajatim.com) – Di saat Pandemi Covid-19 belum usai, masyarakat diharapkan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang,Musfarina Thoriq berharap warganya juga bebas dari perilaku buang air besar sembarangan atau dikenal dengan istilah Open Defecation Free (ODF).

“Saya menargetkan pada Tahun 2020, seluruh wilayah di Kabupaten Lumajang 100% ODF,” ujar Ning Farin sapaan istri orang nomor satu di Lumajang di Panti PKK, Kamis (26/11/2020).

Masih kata dia, ODF adalah kondisi ketika setiap individu tidak buang air besar sembarangan. Dirinya mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah kecamatan maupun desa yang ada di Kecamatan Tempeh untuk melaksanakan ODF di seluruh wilayah.

“Kita harus menjadi Kabupaten Sehat,” ungkapnya.

Untuk menuju Kabupaten Lumajang sheat, salah satu syaratnya harus 100% ODF. Tidak hanya untuk Tempeh, kecamatan lain juga harus punya komitmen sama untuk menjadi 100% ODF.

“Berat kalau tidak dilakukan, PPK bersama harus jadi penggerak,” jelasnya

ementara, Camat Tempeh, Suhendro Boedi Prasetyo dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa Kecamatan Tempeh saat ini sudah sepenuhnya melaksanakan bebas ODF. Dirinya mengucapkan terima kasih atas peran serta Forkopimca dan seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Tempeh yang membantu pelaksanaan ODF.

“Kami menyatakan bahwa kami siap ODF secara 100% di seluruh desa di Kecamatan Tempeh,” terangnya. [har/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar