Pendidikan & Kesehatan

Di Sampang, 79 Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri

Anggota Tim Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Sampang, Agus Mulyadi (dok)

Sampang (beritajatim.com) – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sampang, Madura, mencapai 165 orang, Selasa (14/7/2020). Sementara pasien yang dirawat di BLK hanya 14 orang dan di RSUD sebanyak 13 orang. Sisanya, 79 pasien memilih menjalani isolasi mandiri.

Anggota Tim Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Sampang, Agus Mulyadi mengatakan, pasien yang terpapar Covid-19 seharusnya menjalani perawatan di BLK atau RSUD Sampang. Pasalnya, mereka harus melalui perawatan khusus. Selain itu, untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran.

“Namun, sejauh ini banyak pasien yang memilih untuk menjalani isolasi mandiri. Tapi isolasi mandiri tidak menjadi rekomendasi kita,” terangnya, Rabu (15/7/2020).

Agus menjelaskan dalam menjalani isolasi mandiri ada standar operasionalnya. Misalnya petugas mengecek standar tempat isolasi pasien. Di samping itu, setiap hari pasien juga dipantau melalui jaringan telpon.

Agus menuturkan, pihaknya tidak menanggung perawatan pasien yang memilih isolasi mandiri. Artinya, pasien bebas memilih tempat perawatan untuk kesembuhannya. “Tim gugus tugas Covid-19 hanya bertanggungjawab memantau dan memenuhi suplemen pasien,” tandasnya. [sar/suf]






Apa Reaksi Anda?

Komentar