Pendidikan & Kesehatan

Di Ponorogo, Heppiii Community Lawan Corona Lewat Cara Sederhana dan Merakyat

Tempat cuci portabel yang dibagikan Heppiii Community ditempatkan di tempat umum seperti masjid dan balai desa.

Ponorogo (beritajatim.com) – Aksi tanggap lawan Corona semakin meluas ke berbagai desa di Jawa Timur. Di Desa Sukosari, Babadan, Ponorogo misalnya. Dengan segala kesederhanaan dan kreativitasnya, masyarakat yang tergabung dalam komunitas yang bernama Hepiii Community berinisiatif melakukan penyemprotan cairan disinfektan keliling desa.

Tidak hanya itu, untuk menjaga kebersihan warga dalam usaha memberantas wabah virus corona, para anggota Hepiii Community ini juga membagikan tempat cuci tangan portabel ke sejumlah titik.

Terutama lokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat berkumpul warga seperti masjid dan balai desa.

Ketua Heppiii Community Desa Sukosari, Iswani mengatakan hingga hari ini anggota Heppiii Community sudah melakukan penyemprotan keliling desa sebanyak tiga kali.

“Kita jadwalkan setiap Minggu ada kegiatan penyemprotan disinfektan ini. Kami berusaha agar masyarakat di desa kami dapat terhindar dari virus Corona,” katanya pada Rabu (22/4).

Penyemprotan pertama, kata Iswani, sudah dilakukan pada 4 April lalu di komunitas Singo Taruno Demung. Kemudian tanggal 12 April di Dusun Tular, dan tanggal 19 di Dusun Bangunsari. “Total habisnya 70 tangki cairan disinfektan. Satu tangki kapasitasnya 15 liter,” urainya.

Rencana penyemprotan yang ramah lingkungan dan kesehatan ini akan dilanjutkan tanggal 26 April. Dua dusun menjadi target, Dusun Danyang dan Dusun Gelang. Desa Sukosari sendiri berpenduduk sekitar 8.000 jiwa.

Iswani menyebutkan, alat cuci tangan portabel yang ditempatkan di sejumlah masjid dan tempat umum mendapat sambutan positif dari warga. Seperti halnya lima peralatan cuci tangan portabel di depan masjid di Sukosari selalu dimanfaatkan jemaah yang akan beribadah.

“Sudah ada sepuluh tempat cuci tangan yang kami pasang di lokasi umum. Dengan cara yang sederhana dan merakyat ini kami berharap dapat ikut membantu menghentikan penyebaran virus Corona ke desa-desa,” imbuhnya.

Heppiii Community di Desa Sukosari memiliki banyak anggota. Seperti komunitas Gempar Dusun Tular, Setyo Rukun Dusun Bangunsari, kemudian Ringin Pitu Dusun Danyang, ada juga Guo Klampok Dusun Gelang.

Koordinator Heppiii Community Ponorogo Andri Kristiawan menyebut upaya yang dilakukan warga masyarakat desa Sukosari sangat menginspirasi. Apalagi semua kegiatan melawan Corona itu berasal dari inisiatif dan kreativitas para anggota komunitas.

“Kami di komunitas Heppiii Community akan terus mengedukasi dan bersama-sama masyarakat melakukan aksi nyata melawan Corona ini. Dengan kebersamaan, gotong royong dan totalitas warga dalam bekerja, kami yakin kreativitas para anggota Hepiii Community ini akan bermanfaat dan menginspirasi desa-desa lainnya,” ujar Andri.(ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar