Pendidikan & Kesehatan

Di Gresik Masih Ada 60 Penderita TB Kebal Obat

Foto: Ilustrasi

Gresik (beritajatim.com)– Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik kembali mengingatkan kepada penderita tuberkolosis (tb) agar berobat teratur. Pasalnya, hingga Agustus 2019 masih ada 60 penderita TB multi drug resistant (mdr), atau kebal terhadap obat.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pemkab Gresik dr Ummi Khoiroh menuturkan, pihaknya sedang mengingatkan kembali kepada petugas tb di puskesmas maupun di rumah sakit. Langkah ini diambil guna memberi motivasi taat berobat.

“Ini memang penting buat kesembuhan. Tapi memang berat,” tuturnya, Rabu (25/09/2019).

Berdasarkan catatan Dinkes Gresik, selama 2019 ini penderita baru muncul terbanyak di bulan April. Yakni ada 13 orang. Untungnya dari 60 penderita itu semuanya dalam pengobatan.

Dibanding tahun lalu, bisa dikatakan meningkat. Sebab, tahun 2018 ada 73 penderita baru tb-mdr. Diperiode yang sama sampai Agustus tercatat ada 42 penderita. Dengan catatan 5 meninggal selama setahun.

Terkait dengan itu Ummi menambahkan, agar penderita mengenakan masker kemana saja. Sebab, penularannya cukup tinggi. Baik hanya bicara, batuk, bahkan bersin.

“Penderota mdr memang harus selalu maskeran untuk mencegah penularan,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu puskesmas di wilayah kota misalnya. Bulan Agustus lalu juga baru menerima pasien baru tb mdr. Usianya masih muda. Yakni 30-an tahun. Namun, kesadarannya masih rendah.

“Rata-rata penderita memilih enggan memakai masker saat di luar rumah. Sebab, takut dicurigai,” pungkasnya. [dny/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar