Pendidikan & Kesehatan

Di Gresik, Desa yang Berzona Hijau dapat Hadiah Sapi

Bupati Gresik Sambari Halim sedang memimpin rapat.

Gresik (beritajatim.com) – Guna  memotivasi penanggulangan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Gresik, terutama di tingkat pedesaan. Pemda setempat mengusulkan dan berencana memberikan hadiah seekor sapi untuk desa, dan kecamatan yang dalam waktu tertentu dapat
mempertahankan wilayahnya sebagai zona hijau Covid 19.

“Kami sudah menyiapkan dana, kami mohon dukungan semua pihak terutama Forkopimda Gresik sebagai upaya untuk menurunkan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Gresik,” ujar Bupati Sambari Halim Radiando, Senin (21/09/2020).

Melihat perkembangan penyebaran Covid 19 akhir-akhir ini di beberapa wilayah Gresik yang cenderung naik. Orang nomor satu di Gresik itu, memerintahkan semua jajaran untuk melakukan disiplin peningkatan penegakan protokol kesehatan (DP3K).

“Seluruh organisasi perangkat daerah dilarang menyelenggarakan kegiatan di luar kota. ASN dan Pejabatpun dilarang melakukan perjalanan dinas atau menghadiri rapat ke luar kota tanpa seizin Sekda. Kalaupun ada yang sangat penting dan perlu menghadiri rapat ke luar kota jumlahnya harus dibatasi,” kata Sambari.

Sementara, Penjabat Sekda Gresik, Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno, menilai kinerja tim pencegahan Covid-19  selama ini sudah baik.

“Kita harus lebih baik dan giat lagi dalam bekerja untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 ini. Seperti kekuatiran banyak pihak,” katanya.

Selain berbagai kebijakan tersebut. Satgas Covid-19 akan membuat posko di berbagai tempat, khususnya tempat-tempat umum. Misalnya, di perusahaan, pondok pesantren atau tempat tempat komunitas yang lain.

Mengenai adanya usulan pelarangan isolasi mandiri di rumah bagi penderita Covid-19, karena kekuatiran klaster keluarga. Bupati Gresik masih akan merundingkan dengan berbagai pihak.

“Untuk sementara kami akan mengoptimalkan Gelora Joko Samudro sebagai tempat Rehabiliasi dan Observasi Pasien COVID-19. Tapi kami tetap mengkoordinasikan tentang larangan isolasi mandiri keberbagai pihak terkait apabila larangan itu diberlakukan,” tandasnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19. Saat ini jumlah pasien yang terkonfirmasi positif ada 3.087 orang. Sementara pasien yang sembuh setelah menjalani perawatan medis ada 2.631. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar