Pendidikan & Kesehatan

Di Gresik ABK Tak Pakai Masker Dihukum Push Up

Gresik (beritajatim.com) – Penegakan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tidak hanya dilakukan bagi pengguna jalan. Di perairan pun dilakukan. Seperti dialami anak buah kapal (ABK) yang sedang lego jangkar di perairan Gresik.

Operasi yustisi yang dilakukan oleh Satpolair Polres Gresik memergoki tiga ABK yang tidak melakukan protokol kesehatan.

Kasatpolair Polres Gresik AKP Mashyur Ade mengatakan, operasi yustisi penegakan protokol kesehatan rutin dilakukan dengan sasaran kapal yang sedang lego jangkar.

“Hasilnya kami menemukan para ABK yang acuh terhadap peraturan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya, Jumat (2/10/2020).

Masih menurut Ade, terkait dengan ini pihaknya akan terus memberikan imbauan dan melakukan pemeriksaan terkait penerapan protokol kesehatan di atas kapal yang menunggu izin berlabuh.

“Para ABK yang akan turun diperiksa terlebih dulu. Sedangkan yang tidak mengenakan masker serta bergerombol tidak menerapkan physical distancing kami hukum push up,” paparnya.

Ia menambahkan, ketiga ABK yang kepergok itu saat anggotanya melakukan patroli rutin. Namun, sebelum patroli jauh-jauh hari pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai aturan protokol kesehatan.

“Sebelumnya sudah ada sosialisasi. Tapi sepertinya para ABK yang kepergok itu tetap mengabaikan aturan. Sehingga, kami beri sanksi sosial,” imbuhnya.

Selain dihukum push up, para ABK yang melanggar itu juga diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya di atas geladak kapal. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar