Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Deteksi Omicron, Dinkes Kabupaten Malang Kirimkan 4 Sample WGS ke RS Unair

Varian Omicron. Foto: ilustrasi

Malang (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Malang masih menunggu kepastian hasil WGS (whole genome sequencing) dua orang yang kontak erat dengan L, pasien Covid-19 varian Omicron di Jalan Segaran, RT 02/RW 10, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Kedua orang tersebut sebagaimana diberitakan sebelumnya, yakni Y, orang tua L dan A, putra L. “Masih menunggu hasilnya, masih di Lab di Rumah Sakit Unair Surabaya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, Selasa (18/1/2022).

Arbani menjelaskan, selain dua orang yang kontak erat dengan L tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang juga mengirimkan dua sample WGS warga lain di Kabupaten Malang. Keduanya adalah pasien Covid-19 Rumah Sakit Kanjuruhan Kabupaten Malang. “Kedua pasien sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Kanjuruhan. Mereka punya riwayat perjalan dari luar negeri. Tapi kami belum bisa menyebut asal kedua pasien ini,” ujarnya.

Arbani menyebut, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Malang total telah mengirimkan 5 sample WGS ke Rumah Sakit Unair untuk memastikan kelima warga itu terinfeksi Covid-19 varian Omicron. “Dari kelima pasien itu, sample WGS 1 orang sudah keluar dan hasilnya negatif Covid-19 varian Omicron, dan keempatnya masih menunggu hasil,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Malang, AKBP Bagoes Wibisono mengatakan terkait mulai masuknya Covid-19 varian Omicron di Kabupaten Malang pihaknya mengatensi tim satgas Covid-19 yang berbasis di Kecamatan agar memperketat penerapan protokol kesehatan. “Selain itu, saya minta mereka menjaga ketat warganya dengan cara mempercepat vaksinasi. Khususnya bagi warga lansia (lanjut usia),” katanya.

Terkhusus lagi, bagi warga Kabupaten Malang yang bekerja di luar daerah, Bagoes berharap Muspika setempat menggelar tes PCR secara berkala. “Saat ini kita juga tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Malang untuk menyiapkan pelaksaan vaksinasi booster. Semoga bisa secapatnya,” pungkasnya. (yog/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar