Pendidikan & Kesehatan

Depresi, Pasien Covid-19 Bangkalan Diisolasi di RS Jiwa Menur

Bangkalan (beritajatim.com) – Satu dari empat pasien positif Covid di Kabupaten Bangkalan, terpaksa disolasi di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya.

“Pasien ini memiliki rutinitas bolak balik Bangkalan- Surabaya. Asli Bangkalan namun bekerja di Surabaya,” terang Kepala Dinas Kominfo, Agus Sugianto Zein, Senin (13/4/2020)

Lebih lanjut Agus menjelaskan, alur cerita hingga pasien terpapar Covid-19 ini, sejak yang bersangkutan merasa sakit dan dirawat di Puskesmas Socah selama dua hari. Karena tak kunjung sembuh, ia kemudian dibawa ke salah satu dokter umum dan hasil diagnosa menderita tuberculosis (TB) sehingga ia mendapat rujukan ke RSUD Syamrabu.

“Tanggal 29 Maret 2020 pasien datang ke UGD RSUD, setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 3 jam pasien minta pulang paksa sebelum masuk kamar rawat inap dan tidak dijelaskan alasan kenapa minta pulang paksa,” lanjutnya.

Selama menjalani perawatan di rumah, pasien mengalami depresi sehingga pihak keluarga membawanya ke RS Menur. Tiga hari kemudian, tim surveilance mendapatkan informasi hasil rapid tes pasien tersebut menunjukkan hasil positif Corona.

“Setelah hasil rapid menunjukkan positif, maka tim surveilance ini meminta pihak keluarga melakukan isolasi mandiri di rumah. Dan kemarin, hasil pemeriksaan dari litbangkes Jakarta positif diumumkan melalui web,” tegasnya.

Setelah hasil tersebut keluar, satgas melakukan rapid tes terhadap 12 orang yang berkontak langsung dengan pasien. Termasuk tenaga medis di Puskesmas.[sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar