Pendidikan & Kesehatan

Data Sebaran Covid-19 di Surabaya Diharapkan Disajikan Secara Utuh

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Ketua DPRD Surabaga AH Thony berharap jika Pemkot Surabaya bersedia memberikan data terkait penyebaran Virus Corona di Kota Pahlawan secara utuh. Hal ini, menurutnya penting untuk meminimalkan kepanikan.

“Warga fokus butuh masker, untuk mencegah penularan. Sekarang, muncul ketakutan akan kelaparan yang merupakan dampak dari Covid-19,” kata Thony, sapaan akrabnya.

Politisi Gerindra ini pun menilai jika penanganan Corona di Surabaya ini kurang masif. Pembentukan gugus tugas penanganan covid-19 di tingkat kelurahan baginya sangat penting. “Supaya ini bisa lebih efektif. Lebih baik walikota membentuk anak gugus tugas di tingkat keluarahan-kelurahan, agar supaya penanganan lebih masif,” ujar Thony.

Ia menambahkan, Pemkot Surabaya harus segera gerak cepat dalam menangani permasalahan Covid ini. Anak Gugus Tugas di kelurahan juga harus segera dibentuk dengan dilengkapi standar operasional prosedur (SOP) terhadap penanganan corona dan media informasi.

“Minimal ada SOP yang bisa dipahami masyarakat agar betul-betul tahu bagaimana mengindari penularan, mencegah penularan dan memutus rantai penularan. Jadi, harus betul-betul dipahamkan,” tegasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dimiliki oleh Pemkot Surabaya, saat ini terdapat 35 pasien positif Virus Corona yang berhasil sembuh. 30 pasien berasal dari Surabaya, dan 5 lainnya dari luar Surabaya. Selain itu, terdapat pula 145 pasien PDP yang berhasil sembuh. Meski demikian terdapat 13 pasien yang meninggal dunia.

Per Hari Minggu (13/4/2020) di Kota Pahlawan memiliki 1360 ODP, 502 PDP, 172 kasus positif Corona dari Surabaya, dan 8 kasus positif Corona dari luar Surabaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus mendorong warganya agar turut serta mencegah penyebaran Covid-19. Sebab, untuk memutus mata rantai virus ini dibutuhkan keterlibatan semua pihak. Baik itu pihak pemerintah, Kepolisian, TNI, stakeholder, hingga masyarakat umum.

Selain itu, ia juga meminta supaya warga tetap mengisolasi diri secara mandiri di rumah masing-masing. Dengan cara, tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

Secara detail, masyarakat Surabaya bisa mengakses laman https://lawancovid-19.surabaya.go.id/. Di laman itu, data sebaran yang ada bisa diakses hingga sebaran level Kelurahan. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar