Pendidikan & Kesehatan

Dana BOS untuk Sekolah Swasta di Gresik Macet 8 Bulan

Gresik (beritajatim.com)- Imbas lambannya pengiriman naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) menyebabkan bantuan operasional sekolahnya (BOS) untuk sekolah swasta di Gresik belum cair hingga delapan bulan. Kondisi itu tentu berbeda dengan sekolah negeri. Dimana, BOS sudah berjalan atau sudah cair.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik Mahin mengaku, untuk BOS sekolah negeri sudah berjalan atau sudah cair. Tetapi, BOS untuk sekolah swasta belum cair. “Sekarang masih proses pengusulan NPHD,” ujarnya, Senin (24/8/2020).

Mahin menjelaskan lembaga sekolah selambat-lambatnya mengirimkan NPHD minggu depan. Setelah itu, proses pencairan BOS baru bisa dilakukan. “Anggaran BOS 2020 baik dari APBD maupun APBN senilai Rp 190 miliar. Namun, untuk BOS-nas, MI dan MTs tidak melalui Dispendik melainkan langsung Kemenag,” paparnya.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi IV DPRD Gresik Khoirul Huda mempertanyakan kinerja Dispendik Gresik. Pasalnya, pencairan salah satu dana vital sektor pendidikan itu molor berbulan-bulan. Padahal, surat keputusan (SK) bupati sudah terbit sejak Januari 2020.

“Seharusnya NPHD itu diurus Januari-Februari 2020, kemudian bulan Maret Bos itu bisa cair. Lha ini sudah bulan Agustus NPHD baru diurus,” tuturnya.

Politisi PPP itu juga mengaku menerima keluhan dari sekolah-sekolah. Sebab, dana hibah tersebut juga menyangkut gaji para guru. Artinya, selama delapan bulan guru-guru itu tidak gajian. “Kami akan memanggil Kadispendik Gresik terkait dengan lambannya pencairan dana BOS,” ungkapnya.

Untuk sekolah negeri, lanjut Huda, saat ini status bos itu masih refokusing untuk anggaran Covid-19. Sebab, rekomendasi komisi agar anggaran itu dikembalikan belum dilaksanakan. Sebetulnya Komisi IV sudah memperingatkan agar BOS tidak direfokusing karena menyangkut sektor pendidikan.

“Terpaksa di P-APBD kita usulkan. Itu kan aneh ketika bos APBN untuk sekolah negeri saja tidak dikepras, ini malah yang daerah dikepras,” tandasnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar