Pendidikan & Kesehatan

Cuci Tangan Massal Bagian dari Kampanye 3 M di Kampung Tunjung Sekar Kota Malang

Cuci tangan massal di Tunjung Sekar, Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Ratusan warga RW 01 Kelurahan Tunjungsekar, Lowokwaru, Kota Malang menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara serentak dengan mencuci tangan di sepanjang jalan perkampungan, pada Kamis (15/10/2020).

Kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan gebyar cuci tangan pakai sabun (CTPS) sedunia. Kegiatan ini, diharapkan menjadi kampanye kebiasaan warga untuk tertib 3 M. Yakni, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Saya inginnya tidak hanya gebyar, tetapi menjadikan kebiasaan masyarakat untuk memutus mata rantai Covid-19. Agar tidak terpapar virus ini, kuncinya sering cuci tangan dan pakai masker,” kata Ketua Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) setempat, Amelia, Kamis, (15/10/2020).

Amelia mengatakan, pasca kegiatan dilakukan secara serentak masyarakat diharapkan selalu tertib mencuci tangan ketika akan masuk rumah, akan melakukan aktivitas dan setelah beraktivitas. Di kampung ini setidaknya ada 100 tempat air cuci tangan dan sabun yang merupakan sumbangan berbagai instansi dan swadaya warga.

“Kami juga mendapatkan sumbangan masker swadaya warga. Masker itu juga dibagikan untuk warga yang melintas. Selain gerakan simbolis seperti ini, kita juga akan lakukan pembinaan secara berkala, dipantau sejauh mana kebiasaan warga menerapkan protokol kesehatan,” papar Amelia.

Ketua RW 01Kelurahan Tunjungsekar, Lowokwaru, Kota Malang, Ahmad Kasim, mengatakan, selain gerakan tertib 3 M. Mereka juga memiliki program kampung sanitasi berbasis masyarakat. Diantaranya, pengelolaan sampah, pemanfaatan limbah rumah tangga dan pemanfaatan air.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan ke dua, dimana pilar pertama tidak membuang air sembarangan, cuci tangan pakai sabun. Kebetulan hari ini CTPS sedunia, maka kita bersama-sama warga untuk memperingati hari itu,” tandas Kasim. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar