Pendidikan & Kesehatan

Covid-19 di Ponorogo Tembus 1.000 Kasus, Teranyar dari Kluster Rapat Ormas

Kepala Dinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sekitar 9 bulan lamanya, pandemi Covid-19 melanda bumi reyog. Hingga kini belum ada tanda-tanda pandemi akan berakhir. Jumlah kumulatif kasus virus yang titik awalnya dari kota Wuhan China tersebut malah terus bertambah. Bahkan untuk Ponorogo, kini sudah tembus lebih dari 1000 kasus Covid-19.

“Kini jumlah kumulatif pasien Covid-19 di Ponorogo sudah lebih dari 1000 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini, Kamis (17/12/2020).

Perkembangan terakhir, total kasusnya mencapai 1.016 kasus. Angka itu muncul setelah ada penambahan 27 kasus konfirmasi baru. Tambahan kasus baru yang massif sejak akhir bulan November itu, membuat pasien yang menjalani isolasi kembali mencapai ratusan. Sampai saat ini, pasien yang menjalani isolasi sebanyak 185 pasien. “Massifnya tambahan kasus baru ini, kami tidak lelah-lelahnya mengingatkan masyarakat untuk disiplin ketat protokol kesehatan,” katanya.

Tambahan kasus belakangan ini, kata Irin selain dari kontak erat kasus konfirmasi sebelumnya. Lonjakan kasus ini juga disumbang dari beberapa kluster penularan. Belakangan ini, selain kluster perkantoran, juga muncul kluster rapat dari salah satu organisasi masyarakat (ormas). Namun Irin enggan menyebut nama ormas yang dimaksud. “Dari rapat ormas ini banyak yang positif Covid-19,” katanya.

Kemudian tim satgas melakukan kontak tracing dari orang yang positif dari rapat ormas tersebut. Hasilnya kontak eratnya setelah di swab juga banyak yang positif. Untuk itu Dia menghimbau kepada masyarakat, jika ingin Covid-19 ini melandai di bumi reyog. Harus meningkatkan protokol kesehatan.

“Ketika kita ketat dalam menerapkan protokol kesehatan, penularan pasti akan menurun. Jadi meskipun dengan teman, sahabat bahkan saudaranya, saya minta tolong dimanapun dan kapanpun untuk selalu dan patuh kepada protokol kesehatan,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar