Pendidikan & Kesehatan

Covid-19 di Kota Malang Terus Meningkat, 40 Positif Dalam Sehari

Balai Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Kasus penyebaran Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di Kota Malang meningkat tajam. Dalam empat hari terakir 117 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Rinciannya, pada Selasa (8/12/2020) tambahan kasus naik menjadi 24 orang, kemudian Rabu (9/12/2020) jumlah tambahan kasus sebanyak 22 orang dan Kamis (10/12/2020) terjadi tambahan kasus sebanyak 31 orang. Lalu pada Jumat, (11/12/2020) kasus Covid-19 meningkat sebanyak 40 orang.

Data yang didapat dari Satgas Covid-19 Kota Malang, jumlah pasien Covid-19 sebanyak 2.457 orang. Dengan rincian 2.137 orang telah dinyatakan sembuh, 251 orang meninggal dunia, dan 69 orang menjalani isolasi atau dalam pemantauan.

Meski terjadi ledakan kasus Covid-19 dalam sepekan ini. Status Kota Malang masih zona oranye atau daerah dengan resiko rendah. Namun, ledakan kasus ini patut diwaspadai oleh masyarakat dengan tertib protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebab, dalam dua bulan terakhir kasus ini tidak pernah menyentuh angka di atas 10 orang tambahan perharinya.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan, ada empat klaster penyumbang kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir. Pertama klaster perkantoran dan kedua klaster pendidikan atau perguruan tinggi di Kota Malang.

“Ketiga suspek Rumah Sakit yang naik status. Dan keempat transmisi lokal (pergerakan antar daerah),” ujar Nur Widianto.

Merespon klaster penularan itu, Nur Widianto mengaku sudah menerapkan work from home (WFH) untuk lingkungan perkantoran. Sedangkan untuk kampus diberi surat edaran supaya tidak melaksanakan wisuda secara langsung.

“Kami juga mengoptimalkan operasi patuh 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Membatasi kegiatan luar daerah dan penerimaan kunjungan dari luar daerah,” tandasnya. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar