Pendidikan & Kesehatan

Covid-19 di Banyuwangi: Lima Sembuh dan Lima Positif

Banyuwangi (beritajatim.com) – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi kembali mengumumkan adanya penambahan pasien positif infeksi virus corona menjadi 34 orang.

“Pasien 34 ini adalah seorang anak dari salah seorang karyawan BUMN pupuk yang tinggal di Kecamatan Banyuwangi. Orangtuanya adalah pasien 22 yang sudah dinyatakan sembuh, namun sebelumnya tertular ke anaknya. Di perusahaan pupuk itu sendiri memang ada empat orang yang positif Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Minggu (5/7/2020).

Dia mengatakan, ketika dinyatakan positif pada pasien 22, Gugus Tugas melakukan penelusuran ke 7 orang terdekat yang berhubungan. Tujuh orang itu telah diuji usap (swab), dan hasilnya enam negatif serta satu positif, yakni anaknya.

Rio menambahkan, saat ini kondisi pasien 34 secara klinis dinyatakan baik, sehingga bisa dikategorikan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). “Meski begitu, pasien 34 ini sedang dirawat intensif oleh RSUD Blambangan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” terang Rio.

Sehari sebelumnya, terdapat penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak lima orang. Tapi, pasien positif Covid 19 juga bertambah empat orang. “Kami bersyukur setelah menjalani perawatan selama beberapa waktu, ada lima pasien positif yang telah sembuh,” ujarnya.

“Kelimanya adalah pasien nomor 18, 21, 22, 23 dan 25. Tingkat kesembuhan di Banyuwangi saat ini 42,4 persen, masih lebih baik dibanding rata-rata di Jatim. Kami berharap ini bisa terus naik angka kesembuhannya, dengan treatment yang dilakukan teman-teman medis dan kesehatan,” lanjutnya.

“Kelima pasien yang dinyatakan sembuh hari ini sudah menjalani dua kali tes swab dengan hasil negative. Kini semua pasien telah dipulangkan. Namun tetap dipantau untuk menjalani iolasi mandiri selama 14 hari di rumah,” terangnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono

Sementara untuk empat kasus positif di Banyuwangi, yaitu pasien nomor 30, 31, 32 dan 33. Untuk pasien konfirmasi 30 dan 31 keduanya merupakan rekan kerja sebuah yayasan dana sosial keagamaan di Banyuwangi. Masing-masing berusia 28 tahun dan 21 tahun, berasal dari Kecamatan Srono dan Muncar.

“Keduanya sempat melakukan survei penyaluran hewan kurban ke Jember dan Bondowoso. Kedua pasien ini melakukan survei bersama lima rekannya dari Surabaya,” terang Rio.

Kemudian, mereka mendengar kabar rekannya dari Surabaya yang ditemui di Jember dan Bondowoso terkonfirmasi positif Covid-19. Lalu dilakukan tes swab di RSUD Genteng. Hasilnya keluar pada 3 Juli, positif Covid-19. “Saat ini keduanya dirawat intensif di RSUD Genteng,” urainya.

Selanjutnya pasien konfirmasi 32 merupakan pria asal Kecamatan Bangorejo, 24 tahun. Yang bersangkutan di-swab dan diperiksa dengan mesin TCM RSUD Blambangan, lalu dinyatakan positif. Sedangkan pasien konfirmasi positif 33 merupakan seorang pria usia 60 tahun asal Kecamatan Bangorejo.

“Pasien 32 adalah pramusaji di salah satu cafe di Kecamatan Gambiran. Sementara pasien 33 adalah seorang pedagang. Gugus Tugas telah melakukan tracing terhadap kontak erat keempat pasien positif terbaru ini untuk dilanjutkan dengan tindakan sesuai protokol kesehatan,” pungkas Rio.

Kini, di Banyuwangi total ada 34 pasien positif terinfeksi corona. Di antaranya 14 orang sembuh, 19 orang dalam perawatan, dan 1 orang meninggal. [rin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar