Pendidikan & Kesehatan

Covid-19 Belum Reda, Forkas Jatim Berikan APD untuk Tenaga Medis

Surabaya (beritajatim.com) – Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim kembali memberikan bantuan alat perlindungan diri (APD) kepada tenaga medis melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Acara serah terima bantuan berlangsung di Gedung Negara Grahadi dan diterima Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Ketua Forkas Jatim Nur Cahyudi menjelaskan bahwa bantuan kesekian kali ini merupakan upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

“Jadi masalah pandemi bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Namun juga butuh komitmen dari sektor swasta agar bisa membantu kekurangan dari pemerintah,” terangnya.

Walaupun dalam situasi seperti ini, pelaku usaha juga tidak berada dalam posisi mudah. Namun pihaknya memastikan para pengusaha turut berpartisipasi. Di sisi lain, Forkas Jatim berharap agar ekonomi kembali menggeliat jelang new normal.

“Mudah-mudahan dalam semester kedua ini ekonomi Jatim bisa bergerak kembali,” harapnya.

Meskipun tidak begitu signifikan, Nur yakin ekonomi tetap berjalan.

“Sekarang ini kita masih berada dalam situasi yang kurang baik. Semua sektor mengalami penurunan kapasitas,” ungkapnya.

Industri furnitur misalnya mengalami penurunan kapasitas mencapai 60 persen, industri sepatu mengalami penurunan kapasitas 90 persen, industri perhiasan juga sama. Pada Maret-Juni, industri perhiasan tutup dan baru kembali melakukan produksi.

“Sekarang toko-toko banyak orang yang menjual emas. Artinya daya beli masyarakat sekarang juga sudah mulai menurun,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap dengan situasi new normal bisa kembali menggerakkan semua sektor industri di Jatim.

Sementara menghadapi ancaman resesi ekonomi, Nur Cahyadi menjelaskan jika para pelaku usaha dituntut untuk melakukan efisiensi tinggi, melakukan diversisasi produk, dan memperhatikan kualitas produk di samping menyesuaikan dengan daya beli masyarakat.

Dalam bakti sosial kali ini, Forkas Jatim menyumbangkan 40.790 masker medis dan non medis, 120 sepatu APD, 50 ribu vitamin C dan 100 face shield ke Pemprov Jawa Timur untuk disalurkan ke pihak yang berhak menerima. [rea/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar