Pendidikan & Kesehatan

COIN EMAS 2021 Siap Jadi Ajang Kompetisi Bahasa Inggris Nasional

Kediri (beritajatim.com) – Ajang kompetisi tahunan COIN EMAS (Competition in English Massive) kembali digelar tahun ini. Dengan mengusung tema Expanding Boundary-Embracing Difficulty, English Massive mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berlaga di COIN EMAS 2021.

Tema tersebut diangkat untuk menggambarkan langkah English Massive dalam memperluas jangkauan program dan semangat untuk terus melangkah meskipun berada dalam situasi yang masih sulit.

COIN EMAS 2021 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana target peserta dulunya hanya terbatas pada skala regional saja, tapi tahun ini COIN EMAS menyasar peserta di skala Nasional. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto.

“COIN EMAS tahun 2021 sangat istimewa, dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Baik itu Partisipan English Massive atau bukan. Masyarkat yang berdomisili Kota Kediri atau bukan. Semuanya bisa ikut berpartisipasi,” terangnya, Senin (26/7/2021).

Siswanto menuturkan bahwa kesempatan tersebut diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dengan tujuan tertentu. “Semakin banyaknya partisipan yang bergabung di COIN EMAS akan semakin tinggi juga daya saingnya. Hal itu akan menambah tantangan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris masyarakat, khususnya masyarakat Kota Kediri,” ujarnya.

Dengan tingginya daya saing tersebut, menurut Siswanto, akan memberi dampak yang besar pada perkembangan kemampuan berbahasa Inggris para peserta COIN EMAS kedepannya.

Dalam pelaksanaanya, menurut Siswanto, pendaftaran COIN EMAS dimulai dari 7 – 31 Juli 2021. Babak audisi akan diadakan secara online pada 4-13 Agustus 2021. Sedangkan untuk Babak Final, panitia COIN EMAS telah mempersiapkan beberapa skenario antara offline dan online, disesuaikan dengan situasi pandemi saat diselenggarakannya babak final, yaitu tanggal 20-21 Agustus 2021.

“Ini dilakukan dengan pertimbangan yang cukup matang, mengingat saat ini kita masih berada di masa pandemi,” ujarnya.

Ada beberapa lomba yang bisa diikuti, yaitu Speech dan Storytelling, Fun Reading, Spelling Bee Competition, National Writing, National English Olympiad dan Tiktok Video Challenge.

Siswato juga menjelaskan bahwa pada kompetisi EMAS 2021 ini akan melibatkan berbagai juri yang sangat kompeten di bidang Bahasa Inggris. “Juri-juri yang diusung berasal dari beragam instansi yang sudah tidak diragukan lagi pengalamannya,”pungkasnya.

Beberapa juri dan pronouncer di antaranya adalah Mr. Daniel dari English Today Jakarta, beberapa Dosen Bahasa Inggris di Universitas Islam Kadiri, IAIN Kota Kediri dan UNP Kota Kediri. Entusiastik Consultant Program yang merupakan salah satu Awardee Beasiswa LPDP lulusan UCL (London), Puri Viera seorang Youtuber Indonesia yang tinggal di Amerika, Yuta Otake seorang Teacher Trainer dari Amerika dan ada Jurnalis Media Masa dan Sejarawan Kota Kediri Gus Barok juga beberapa guru-guru Bahasa Inggris SMPN dan SMAN di Kota Kediri.

Tak lupa Siswato juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut bergabung di COIN EMAS 2021. “Segera daftarkan diri kalian dan menangkan kesempatan hadiah senilai total 40 juta rupiah plus piagam penghargaan yang tentunya ke depannya akan sangat bermanfaat bagi siswa-siswi di Kota Kediri dan sekitarnya. Kami tunggu keikutsertaan partisipan dan manfaatkan kesempatan tersebut untuk menunjukkan skill Bahasa Inggris kalian,” ujarnya. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar